KPU Bantul Berikan Layanan Konsultasi Parpol 

Editor: Ary B Prass

BANTUL, KRJOGJA.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul punya komitmen dalam memberikan layanan kebutuhan informasi terhadap partai politik calon peserta Pemilu 2024 ditingkat kabupaten.
Oleh karena itu, KPU Bantul juga membuka layanan helpdesk Sistem informasi Partai Politik (Sipol). Program  tersebut untuk memberikan layanan konsultasi parpol tingkat kabupaten yang mengalami kesulitan mengakses atau mengoperasionalkan Sipol KPU.
Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Bantul, Joko Santosa, Minggu (31/7/2022) mengatakan, jika  helpdesk tersebut  akan berlangsung mulai  1 -14 Agustus 2022.
Kebijakan tersebut   mengikuti tahapan, bahwa pada saat itu masuk  tahapan pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu 2024.  Untuk pendaftaran parpol tersebut dipusatkan di KPU RI, sesuai dengan ketentuan didalam PKPU 4 Tahun 2022 pasal 16 ayat (2).
“Bahwa waktu pendaftaran dilaksanakan mulai pukul 08.00 sampai pukul 16.00 WIB , kecuali hari terakhir masa pendaftaran dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 23.59 WIB dan dilaksanakan di KPU RI,” ujarnya.
Dijelaskan, keberadaan helpdesk sistem informasi Parpol di KPU Bantul untuk memberikan layanan konsultasi parpol tingkat kabupaten yang mengalami kesulitan dalam mengakses atau mengoperasionalkan Sipol KPU.
“Dalam pendaftaran parpol ini KPU RI sudah mengembangkan aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) yang digunakan untuk menfasilitasi pengelolaan administrasi pendafataran oleh parpol calon peserta Pemilu 2024,” ujarnya.
Aplikasi tersebut sudah ditetapkan melalui Keputusan KPU RI nomor 195 Tahun 2022. Sehingga aplikasi  akan digunakan sejak masa pendaftaran, verifikasi sampai dengan penetapan partai politik.

BERITA REKOMENDASI