KPU Bantul Persilakan Warga Cermati DPT

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul mempersilakan warga mencermati Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang telah ditetapkan dan diumumkan ke Publik. Bagi masyarakat yang belum terdaftar dapat melapor kepada petugas jejaring desa atau ke jejaring kecamatan.

Ketua KPU Bantul Didik Joko Nugroho menegaskan, apabila hingga penetapan DPT masih ada pemilih yang belum terakomodir maka bisa dimasukkan dalam DPT tambahan. Selain pencermatan DPT, pada Pemilu 2019 akan berbeda dengan pemilu sebelumnya.

“Pemilu 2019 akan ada lima surat suara yang harus dicoblos. Untuk surat suara pemilihan presiden bersampul abu-abu serta ada nama, nomor dan foto calon plus partai pengusung,” jelasnya.

Pemilih juga akan menerima surat suara bersampul kuning, tidak ada foto calon untuk memilih anggota DPR RI. Hanya ada nama dan nomor urut calon. Surat suara selanjutnya bersampul merah untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dengan nama, nomor urut dan foto calon.

Selain itu pemilih juga akan menerima surat suara bersampul biru untuk memilih anggota DPRD DIY dan DPRD Bantul bersampul hijau. Keduanya tidak ada foto calon, hanya nama dan nomor urut.

Untuk DPRD Bantul tercatat ada 442 caleg untuk memperebutkan 45 kursi DPRD Bantul. Selain itu, Kabupaten Bantul akan menggunakan 3.040 Tempat Pemungutan Suara (TPS). (Aje)

BERITA REKOMENDASI