Kronologi Bentrok Bonek vs The Jak Versi Pengelola SSA

BANTUL, KRJogja.com – Pasca bentrok suporter yang terjadi di Stadion Sultan Agung antara Jakmania (The Jak) dengan Bonek, membuat pertandingan bigmatch Persija Jakarta melawan Persebaya Surabaya pada Minggu malam (3/6) batal digelar. Mujurnya tidak ada yang meninggal, namun sekitar 20 orang superter dari kedua belah pihak mengalami luka-luka.

Edi Setiyadi, selaku pengelola stadion menceritakan kronologi bentrok antar suporter yang terjadi di depan matanya. Ia menjelaskan bahwa awal mula dari bentrok itu adalah datangnya bis The Jak sekitar pukul 10.00  WIB ke parkir barat yang menjadi lokasi konsentrasi massa suporter Persebaya, Bonek.

"Sebenernya maksud The Jak itu ngasih salam ke Bonek. Bonek yang bagian depan welcome, menerima salam dari mereka. Lha kok yang bagian belakang pada nggak terima terus langsung nyerang The Jak pake lempar-lemparan batu," kata Edi Setiyadi.

The Jak, meski mereka kalah jumlah, kata Edi, tapi mereka berani melawan balik. Bonek yang emang lebih banyak personelnya dari The Jak sampe akhirnya Bonek mundur.

Baca Juga : 

Bendera 'Corner' SSA Hilang, Suporter Niat Saksikan Sepakbola?

Suporter Rusuh, Pertandingan Persija-Persebaya Batal!

Bonek-The Jak Rusuh di SSA, Mobil Panpel PS Tira Jadi Korban.

Siangnya, pendukung Persebaya ini beraksi masuk ke Stadion Sultan Agung (SSA) merusak fasilitas di dalamnya.  Mulai dari memecahkan kaca dan merusak pintu di beberapa ruangan dan lemari, melepas pralon air hingga membuat air tidak mengalir, sampai mengambil bendera-bendera yang ada di sudut lapangan. 

"Mereka manfaatin kondisi stadion yang cuma dijaga 10 orang dari stadion, aparat keamanan belom pada dateng. Ya jelas kalah satpam-satpam sini, mereka mainnya gerudukan. Bener-bener luar dalem dikuasai tadi itu," ucap Edi.

Bentrok Suporter di SSA, Bonek Bakar Motor 

Selain itu, fans fanatik Persebaya tersebut juga menghancurkan adboard di pinggir lapangan milik supporter tim Ibukota.

"Pintu satu juga di jebol. Sempet kita las terus dijebol lagi. Terus dia naik mecahin plafon, terus masuk ke dalem. Nggak nyangka saya bisa selia itu," ujar Edi geleng-geleng kepala.

SSA sendiri akan diusahakan segera diperbaiki mengingat akan digunakan tuan rumah PS Tira yang menjamu pemuncak klasemen, Barito Putera dalam lanjutan Liga 1 Senin malam (4/6).

"Secepatnya bakal diperbaiki. Kita utamain pralon air buat diperbaiki, soalnya besok ada pertandingan kan disini. Air harus udah jalan lagi besok," tuturnya menambahkan.(Mutiara Kurnia)

BERITA REKOMENDASI