KUA Sewon Wakili DIY Tingkat Nasional

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Staf khusus Menteri Agama RI, Wibowo Prasetyo bersama Tim Revitalisasi KUA Kemenag RI yang dipimpin Alisa Wachid melakukan monitoring ke KUA Kapanewon Sewon Bantul, Jumat (21/05/2021). Kegiatan tersebut dalam rangka mempersiapkan ‘kick off’ revitalisasi KUA se Indonesia.

Wibowo Prasetyo mengemukakan, enam KUA yang direncanakan menjadi role model telah melalui berbagai uji kelayakan dan memenuhi syarat layanan publik. “Maka untuk melakukan revitalisasi pada 100 KUA di Indonesia membutuhkan role model dan kamipun menetapkan 6 KUA yang telah memenuhi syarat minimal layanan publik sebagai role model. Salah satunya KUA Sewon Bantul, yang kami rasa adanya perubahan dan dinamisasi, serta telah terwujudnya transformasi layanan di KUA Sewon,” ungkap staf khusus Menteri Agama RI

Sementara Kakanwil KUA DIY, Edhi Gunawan mengucapkan terima kasih atas suport dan bimbingan dari staf khusus Menag RI. “Kami berharap KUA Sewon bisa menjadi prototype revitalisasi KUA di Indonesia dan bisa direplikasi KUA lainnya serta bisa memberikan layanan prima kepada masyarakat,” paparnya.

Sementara Kakan dari Kemenag Bantul menambahkan, KUA Sewon telah memenuhi persyaratan sebagai KUA model. Meski gedung baru, telah tercukupi kelengkapan ruangnya. Seperti balai nikah, from office, ruang konsultasi, ruang kepala, ruang staf dan ruang lainnya.

Standar layanan publik lain yang menjadi pertimbangan terkait jumlah penduduk yang dilayani , termasuk problem sosial yang ada di masyarakat mendesak untuk diselesaikan. “Sehingga layanan yang tersedia benar- benar dibutuhkan oleh masyarakat dimana KUA berada,” pungkas Aidi. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI