Kualitas Padat Karya Bisa Dijamin

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRjogja.com – Proyek pembangunan yang dikerjakan lewat program padat karya di Bantul, kualitasnya bisa dijamin. Selain itu program padat karya mampu memelihara semangat gotong- royong masyarakat pedesaan. Hal tersebut ditekankan, anggota Partai Golkar Bantul, Teguh Santosa SE usai melakukan monitoring pekerjaan padat karya di wilayah Bantul Timur, Senin (13/9).

Dalam proses pengerjaannya yang dikerjakan sendiri oleh masyarakat mereka merasa ikut handarbeni, sehingga campuran material mereka jaga betul. Yang lebih bermanfaat, program padat karya mampu memberdayakan masyarakat, karena yang menjadi tenaga kerja masyarakat sendiri yang pengangguran, warga kurang mampu dan warga berdampak Covid-19,” papar Teguh.

Bahkan dalam pengerjaan padat karya , volume pekerjaan bisa melebihi proyek, karena untuk makan pekerja dilakukan secara swadaya. ” Kami berharap projek padat karya di Bantul bisa berjalan setiap tahun,” harap Teguh.

Sementara Sekretaris Disnakertrans Bantul, Tirul Widilastuti mengemukakan, jumlah proyek padat karya di Bantul anggaran tahun 2021 ini ada 163 titik, terdiri 103 titik berasal dari APBD Bantul dengan penyediaan dana Rp 100 juta per proyek sedangkan yang 60 titik dari BKK DIY dianggarkan Rp 160 juta per proyek.

Jenis proyek seperti talud ,corblok, saluran irigasi, jalan dan sejenisnya. Untuk pekerjaan padat karya BKK sudah selesai sejak 26 Agustus 2021. Sedangkan yang APBD dikerjakan selama 21 hari dengan tenaga kerja 26 orang, pada 17 September 2021 harus sudah selesai.

Sedangkan Tumirin , ketua kelompok kerja di Nganyang Sitimulyo Piyungan mengaku merasa terbantu dengan program padat karya. ” Bisa untuk memberi pekerjaan kepada warga yang nganggur, walaupun hanya sementara saja,” pungkasnya. (Jdm)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI