Kunjungan Obama Barometer Keamanan Yogyakarta

BANTUL, KRJOGJA.com – Kapolda DIY, Brigjen Pol Ahmad Dofiri mengatakan, secara umum  situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas)  sebelum dan sesudah Hari Raya Idul Fitri 1438 H kondusif . Tidak ada peristiwa menonjol baik  kasus kecelakaan lalulintas  dan tindak kejahatan lainnya.  Situasi kedepan mestinya harus dipertahankan.

“Kunjungan Pak Obama kemarin selama tiga hari di Yogyakarta mulai perjalanan, wisata sampai kembali semua aman. Itu artinya sebagai barometer kondisi keamanan di Yogyakarta terkendali,” ujar Ahmad Dofiri disela kunjungannya di Pantai Parangtritis Kretek Bantul, Minggu (2/7/2017).

Dalam kunjungan itu Kapolda didiampingi Kapolres Bantul AKBP Imam Kabut Sariadi SIK MM,  AKBP Bayu Herlambang (Polair Polda DIY), Kabag Ops Polres Bantul Kompol Jan Benjamin SSos MSc, Kapolsek Kretek Kompol Salim.

Menurut  Ahmad Dofiri, khusus arus lalulintas untuk Lebaran tahun ini memang lebih terkondisi.  Artinya memang  kepadatan hampir terjadi disemua ruas jalan di DIY, tetapi semua bisa diatasi.   
Kelancaran arus kendaraan itu terjadi karena infrastruktur  memadai. Sebagai contoh di Gunungkidul pembukaan jalan baru  benar-benar mampu mengurai kemacetan  yang sebelumnya terjadi. “Infrastruktur jalan bagus yang dibuka di Gununkidul mampu memecahkan banyak masalah,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu  Ahmad Dofiri juga memberikan apresasiasi kepada SAR  Parangtritis, Polair Polda DIY dan relawan yang mampu menyelamatkan 8 wisatawan dari  ganasnya palung. Selain itu, minimya sarana prasarana SAR di Parangtritis tidak lepas dari perhatian orang nomor satu di Polda DIY itu.  

Menurutnya fasilitas penunjang kerja SAR Parangtritis masih sangat minim,  termasuk terbatasnya pengeras suara hingga rambu. “Masalah keselamatan yang paling utama, sehingga kondisi ini harus jadi perhatian semua pihak,” ujarnya.

Sementara Komandan  SAR Bantul Arif Nugraha  juga menjelaskan kepada kapolda terkait dengan ciri palung dan bahayanya.(Roy)

BERITA REKOMENDASI