Kursus Mahir Dasar Latih Kemandirian

BANTUL, KRJOGJA.com – Membangun kemandirian, tanggungjawab serta kepedulian bagi generasi muda saat ini bukan pekerjaan mudah. Banyak tantangan dan hambatan untuk membentuk karakter lewat tiga aspek itu. Karena itu lewat kegiatan kepramukaan bakal muncul generasi muda yang berkarakter peduli, tanggungjawab serta mandiri. 

“Kemandirian, tanggungjawab dan peduli jauh dari harapan baik dilingkungan sekolah, keluarga dan bermasyarakat. Oleh karena itu harus dilatih dengan rasa, dan pramuka akan melatih kepekaan dan kepedulian serta tanggungjawab,” ujar Waka Binawasa Kwarcab Bantul, Drs. H. Daeng Deada, MPd dalam pembukaan program Kursus Mahir Dasar (KMD) yang diselenggarakan oleh Sako Cab Bantul, di Bumi Perkemahan Dewa Ruci Wonoroto Gadingsari  Sanden Bantul Sabtu (21/9). 

Dalam acara itu dikuti Pembina Satuan Komunitas (Sako) Sekawan Persada Nusantara (SPN) LDII se  DIY. Dalam pembukaan juga dihadiri  Ketua  Sakoda SPN DIY, HM Geyol Sugiyanta, MSi, Kepala Pusdiklat Kwarcab Bantul, Drs Heru Supranoto S.Pd. LMT. 

Daeng mengatakan, jika saat ini kebiasaan di rumah kerap makin menjauhkan anak anak dari sikap mandiri, tanggungjawab dan peduli.  Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya fasilitas tersedia di rumah. Termasuk wujud kasih sayang berlebihan kepada anak pada akhirnya menghilangkan proses edukasi kepedulian. 

Dalam program KMD ini harus fokus dalam pembentukan sikap tanggunggungjawab , kemandirian dan peduli. Dalam KMD tersebut diikuti  60 peserta dari perwakilan Kabupaten /kota di DIY. Nantinya KMD akan digelar 21-22 September, 28-29 September dan 5-6 Oktober. (Roy)

BERITA REKOMENDASI