Lanal Yogyakarta Bersih Sampah di Pantai Goa Cemara

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRJOGJA.com – Momentum Peringatan Hari Sampah Nasional dimanfaatkan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta untuk menggelar bersih sampah di Pantai Goa Cemara Sanden Bantul, Jumat (15/3). Program tersebut dipimpin  Komandan Lanal Yogyakarta , Letkol Marinir Bambang Adriantoro. Selain dari personel Lanal Yogyakarta, sejumlah elemen ikut dalam kegiatan diantaranya , taruna/taruni Sekolah Menengah Kelautan (SMK) Negeri 1 Sanden Bantul, Pokdarwis Pantai Pandansari.           

Bambang minta dalam kegiatan tersebut punya kontribusi manfaat terhadap warga setempat. Selain itu dari gerakan itu juga bisa meningkatkan nilai kepariwisataan di pantai selatan Bantul. "Kegiatan ini diharapkan memberikan dampak terhadap makin baiknya perekonomian sehingga kesejahteraan masyarakat pesisir meningkat," ujar Bambang. 

Tidak kalah penting dari program tersebut ialah ikut andil dalam melestarikan ekosistem kawasan pantai selatan Bantul.  Dijelaskan, kerusakan kawasan pantai disebabkan beberapa pemicu , salah satunya pemanfaatan lahan yang tidak mengindahkan kaidah analisis dampak lingkungan. 

Pantai mestinya jadi pusat konservasi dan kawasan penyangga sebagai darah produktif.  Sebisa mungkin mengurangi sampah plastik sebagai wujud nyata menjaga lingkungan. "Kehadiran dari Lanal Yogykarta dalam melakukan bersih sampai jangan hanya kumpul- kumpul saja, namun harus punya dampak terhadap lingkungan," ujar Bambang. 

Sementara itu anggota Pokdarwis Pantai Goa Cemara mangatakan sebagai pelaku wisata di Pantai Goa Cemara bersih sampah itu menjadi keuntungan warga. Selain menjadi promosi wisata, dampak dari kegiatan itu semakin menambah indah objek wisata. "Kebersihan sebuah objek wisata menjadi salah satu aspek paling penting yang harus diperhatikan," ujar Maryono.

Oleh karena itu pihaknya sangat mengapreasi kepada Lanal Yogyakarta yang sudah membuat program unggulan di Goa Cemara. Artinya dalam membangun objek wisata pantai tidak hanya dilakukan sendiri , tetapi banyak pihak juga ikut berpartisipasi.  Dalam acara itu juga dihadiri Palaksa Lanal Yogyakarta Letkol Laut (R) R Haryo Wiji Pratomo, Camat Sanden , Slamet Santoso, Kapolsek Sanden AKP Riwanto. (Roy)

 

BERITA REKOMENDASI