Lanal Yogyakarta Gelar ‘Serbuan’ Vaksinasi Bagi Masyarakat

Editor: KRjogja/Gus

SANDEN, KRJogja.Com – Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut, Lanal Yogyakarta menggelar vaksinasi bertajuk “Serbuan Vaksinasi Covid-19 Bagi Masyarakat Maritim” di Kalurahan Gadingsari, Kapanewon Sanden, Bantul, Kamis (1/7). Kegiatan tersebut ditinjau langsung Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Yogyakarta, Kolonel Laut (KH/W) Damayanti, SH MM.CHRMP, Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo.

“Program serbuan vaksinasi ini bertujuan untuk menekan dan mengendalikan penyebaran covid-19,” ujar Danlanal Kolonel Laut (KH/W) Damayanti disela acara. Dengan program vaksinasi tersebut sebagai upaya memutus penyebaran virus tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Bantul, Puskesmas Sanden, dan pemerintah Kalurahan Gadingsari, Kapanewon Sanden.

“Meski sudah divaksin, masyarakat harus melaksanakan 5 M yakni memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas yang tidak penting,” jelasnya. Vaksinasi tersebut merupkan yang pertama dan akan dilakukan lagi tiga kemudian.

Sementara Kepala Balai Kesehatan (Ka.BK) Lanal Yogyakarta, Lettu Laut (K/W) drg Erlina Fauziyah mengatakan, vaksinasi digelar secara gratis untuk masyarakat pesisir, nelayan, pedagang di objek wisata, di sekitar Kalurahan Gadingsari. Sebanyak 465 orang ikut dalam kegiatan, jika ada penambahan sudah siapkan 40-50 cadangan vaksin.

Vaksinasi tersebut bertujuan menekan laju penyebaran virus Covid-19 di DIY seseuai Instruksi dan perintah Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono. Kegiatan juga melibatkan dokter dan paramedis dari Balai Kesehatan Lanal Yogyakarta dan Tim medis Puskesmas Sanden dibantu personel Pos TNI AL Samas, personel staf Potensi Maritim dan Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar) Lanal Yogyakarta. (Roy)

 

BERITA REKOMENDASI