Langgar Lalin, 11 Sepeda Motor Diamankan, 1 Dikempesi

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJOGJA.com – Melanggar peraturan Lalu Lintas, 11 sepeda motor diamankan petugas gabungan yang melakukan kegiatan Operasi Kawasan Tertib Lalulintas (KTL) di kawasan Jl Pemuda (Pecinan) dan Jl Pajajaran Kota Magelang, Rabu (13/3/2019). Diantara sepeda motor tersebut ada juga yang dikempesi bannya. Dari 11 sepeda motor tersebut, 3 diantaranya diamankan di Jalan Pemuda dan 8 sepeda motor di Jalan Pajajaran. 

Kepala Seksi Pengendalian Operasional dan Perparkiran Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Magelang Budiyono mengatakan sepeda motor yang diamankan di Jl Pemuda karena parkir di area trotoar, yang seharusnya diperuntukkan bagi pejalan kaki, becak, dan sepeda (pedestrian).

"Dua sepeda motor diberi peringatan, dan 1 unit terpaksa bannya dikempesi," katanya. 

Sedangkan 8 sepeda motor yang diamankan di Jl Pajajaran ditilang lantaran melanggar lalu lintas, yakni melanggar rambu larangan melintas. Operasi KTL yang melibatkan Dishub, Satpol PP, Polisi Militer, Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag), Humas Pemkot Magelang, dan Polres Magelang Kota, ini merupakan upaya untuk menggalakkan budaya tertib berlalulintas masyarakat.

Sejauh ini, kata Budiyono, masih banyak warga yang belum mengindahkan peraturan berlalu lintas, terutama di kawasan pedestrian. Padahal pelanggaran yang dilakukan tidak hanya membahayakan namun juga melanggar hak pejalan kaki.
"Kami rutin mengadakan operasi KTL, hasilnya kami masih menemukan banyak pelanggaran seperti kendaraan parkir di jalur lambat, parkir diatas zona merah, angkutan desa yang tidak parkir pada tempatnya, termasuk pejalan kaki yang menyeberang tidak melalui zebra cross," tambah Budiyono.

Pelanggaran-pelanggaran seperti ini banyak terjadi di sejumlah titik, dari Jl Jendral Sudirman, Jl Tidar, Jl Tentara Pelajar, Jl A Yani, Jl Pemuda, dan Jl Pajajaran serta Jl Pahlawan.

Pihaknya menghimbau masyarakat untuk lebih meningkatkan kesadaran dan tertib berlalu lintas, misalnya, memarkir kendaraan di area yang sudah disediakan, tidak melintas jika ada rambu dilarang melintas dan sebagainya. "Ayo tertib berlalu lintas, perhatikan rambu jalan saat melintas, hormati pejalan kaki," kata Budiyono.  (Tha)

 

 

BERITA REKOMENDASI