Lantik Bintara Baru, Kapolda DIY Berikan Pesan Khusus

BANTUL, KRJOGJA.com – Penutupan Pendidikan dan Pelantikan Bintara Polri TA 2019/2020 di SPN Selopamioro Polda DIY, Senin (2/4/2020). Sebanyak 253 Bintara baru dilantik menjadi anggota polri berpangkat Brigadir dua (Bripda). Dalam acaara tersebut juga dihadiri sejumlah pejabat dari Polda DIY, Kapolres dan juga Muspida dari Pemda Bantul. Dipengujung acara dipentaskan kesenian persembahan dari Polres Kulonprogo Polda DIY.

Kapolda DIY, Irjen Pol Asep Suhendar mengatakan, keberhasilan mengikuti pembentukan Bintara polri dan brigadir dua polisi merupakan anugerah dari Allah. Pencapaian tersebut harus senantiasa disyukuri, bahwa keberhasilan itu tidak lepas dari doa orangtua. Oleh karena itu sebagai personel polri untuk menjaga kehormatan diri dan institusi.

Setelah dilantik menjadi anggota polri, merupakan momentum awal dari pengabdian nyata sebagai insan bhayangkara kepada bangsa dan negara. Perjalanan masih panjang, banyak tantangan akan dihadapi. Oleh karena itu, sebagai Bintara pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh di lembaga pendidikan harus diimplementasikan sesuai dengan tugasnya.

“Ada beberapa penekanan untuk dijadikan sebagai anggota polri. Pertama, setiap melaksanakan tugas, harus diniati sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa, kemudian setiap melaksanakan yang diemban dengan penuh semangat tanggung jawab dan keikhlasan mempedomani nilai-nilai luhur tribrata,” ujar Asep Suhendar.

Selain itu juga disampaikan agar anggota polri meningkatkan pengetahuan wawasan. Hal tersebut penting untuk mendukung pelaksanaan tugas menjaga kehormatan diri keluarga dan institusi dari segala pelanggaran disiplin kode etik dan pidana. Kapolda juga minta terus men menjalin persaudaraan dan komunikasi dengan rekan-rekan dan instansi terkait dan seluruh komponen lainnya. Karena polri tidak mungkin dapat bekerja sendiri.

Kepala Sekolah Polisi Negara (SPN) Selopamioro Polda DIY, Kombes Pol Sony Maharbudiadtawan mengatakan, kegiatan pelantikan untuk siswa pendidikan pembentukan tahun anggaran 2019 /2020 di SPN Selopamioro Polda DIY berjumlah 153. Mereka telah dilantik menjadi Bintara remaja dengan pangkat brigadir dua. Dari jumlah 153 ini, ada beberapa spesifikasi, 10 orang punya kemampuan khusus, 4 orang kemampuan pelayaran, kemudian 4 orang tentang IT satu penerbang dan satu musik.

Mereka mengikuti, pendidikan selama 7 bulan. Selama proses pendidikan tersebut, dimanfaatkan untuk mengubah perilaku karakter anak SMA yang ugal-ugalan dan cengengesan menjadi pribadi tanggungjawab.

“Dari tidak punya sikap sopan santun, mindsetnya kita ubah menjadi seperti ini. Tadi kita saksikan bagaimana sikap mereka, bagaimana kemampuan mereka, terutama kemampuan fungsi teknis kepolisian bidang kesemaptaan yang merupakan bekal utama dari lulusan tahun 2020,” ujarnya.(Roy)

BERITA REKOMENDASI