LDII Mulai Gerakan Tanam Pohon Nasional dari Pantai Selatan

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – DPW Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) DIY melaunching gerakan penanaman pohon di kawasan pantai selatan Bantu. Program tersebut dalam rangka menyambut Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Pohon Nasional. Kegiatan dipusatkan di Bumi Perkemahan Dewa Ruci Sanden Bantul Bantul. Penanaman pohon salah satu dari delapan program kerja LDII DIY tentang pangan dan lingkungan hidup.

Ketua Umum DPP LDII, KH Chriswanto Santoso menyampaikan kegiatan penanaman pohon merupakan instruksi DPP LDII secara nasional untuk se-Indonesia. Hari ini, secara bersamaan penanaman dilakukan di DIY dan Riau.

“Kami berharap, filosofi yang terkandung dapat terus dipelihara dan dilanjutkan sampai benar-benar memberikan manfaat. Pohon memberikan kehidupan dan penghidupan. Harus benar-benar berhasil,” ungkapnya pada wartawan.

Terkait lingkungan hidup, ia menceritakan bahwa LDII telah memulai kampanye menanam pohon atau Go Green, sejak tahun 2007 bekerja sama dengan MUI Jawa Timur. Pohon yang ditanam memiliki nilai ekonomi yang dilanjutkan terus-menerus setiap tahun.

“Pada 2011, dilaksanakan pencanangan di Kendari, tidak hanya hutan di tanah kering, tetapi juga di pantai. Istilahnya terkait dengan lingkungan bahari, daerah pantai di Kendari. Warga LDII di seluruh Indonesia tercatat sudah menanam 3,5 juta pohon, dengan tingkat kematian hanya 7 persen, jadi masih harus terus terpelihara,” ungkapnya lagi.

BERITA REKOMENDASI