Lelang Cabai Bentuk Perlindungan bagi Petani

BANTUL, KRJOGJA.com –  Petani yang tergabung dalam wadah Kelompok Tani Manunggal Srigading Sanden Bantul  melakukan lelang bertepatan dengan musim penan cabai. Langkah tersebut ditempuh untuk melindungi petani agar mendapatkan harga tinggi. 
Dalam lelang pertama, tiga varietas yakni yaitu cabai merah besar imperial, cabe merah besar elegan dan cabe merah keriting laju. 

Hasilnya lelang dimenangkan Ny  Tumijah dengan harga lelang Rp 17.385 per kilogram untuk cabai merah besar imperial, Rp 22 ribu perkilogram untuk cabai merah keriting dan Rp 14.500 perkilogram untuk cabe merah besar elegan. Mekanisme lelang, setiap pedagang menuliskan  harga dengan kertas kemudian  digulung dan dimasukkan ke dalam toples setelah itu dibuka. Pemenangnya ialah  pedagang yang menawar tertinggi. "Dari tiga  jenis cabai yang dilelang hanya satu pedagang yang paling tinggi menawar sehingga menjadi pemenang lelang tunggal,"ujar Sekretaris Kelompok Tani Manungggal, Danang Ari Nugroho, Jumat (27/9).  

Danang mengatakan, anggota Kelompok Tani Manunggal jumlahnya mencapai 60 orang dengan luas lahan pasir mencapai 13 hektare. Sehingga jumlah cabai bisa mencapai puluhan ton saat dipanen semua. Petani di lahan pasir Pantai Samas sudah  melaksanakan lelang cabai sejak tahun 2008 hingga kini terus dipertahankan. Meski lokasi tempat untuk lelang yang t dibangunkan Pemkab Bantul  sudah hancur tingggal kerangka.  "Lokasi  pelalangan dari pemerintah  hanya bertahan lima, sehingga  untuk lelang selanjutnya atau  tahun ke 6 hingga  kini meminjam rumah warga," ujar Danang. (Roy)

BERITA REKOMENDASI