Lewat KIE Ritel dan Pameran BPOM Ajak Masyarakat jadi Konsumen Cerdas

BANTUL, KRJOGJA.com – Dalam rangka meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku dalam memilih dan membeli produk obat dan makanan yang aman, pada hari Sabtu (7/12) BBPOM di Yogyakarta melaksanakan kegiatan Komunikasi, Edukasi dan Informasi (KIE) Ritel dan Pameran di DM 2 Swalayan, Jl Wonosari KM 10 Bantul.

Sebelumnya pada hari Sabtu (9/11) BBPOM di Yogyakarta telah melaksanakan kegiatan serupa di Transmart Carefour Maguwoharjo Sleman.

Selain di stand pameran, tim juga melaksanakan penyuluhan secara langsung tentang pentingnya selalu melakukan Cek KLIK sebelum belanja kepada pengunjung supermarket. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan peran serta aktif pelaku usaha dalam pengawasan obat dan makanan.

Kegiatan diawali dengan pemeriksaan produk (inspeksi) oleh Bidang Pemeriksaan, dilanjutkan dengan pemasangan materi edukasi pada display counter pada produk obat dan makanan di sarana ritel.

Kepala BPOM Yogyakarta Dra Rustyawati, Apt MKes, Epid berharap dengan kegiatan ini, dapat meningkatkan peran masyarakat dalam pengawasan obat dan makanan melalui pemanfaatan layanan informasi dan pengaduan obat dan makanan HaloBPOM 1500533, pemanfaatan aplikasi BPOM Mobile untuk pengecekan produk dan pengecekan produk terdaftar melalui scanning 2D barcode pada label produk.

"Dengan kegiatan ini diharapkan dapat membentuk konsumen cerdas dan berdaya, Ayo Cek KLIK, Pastikan Pilih Obat dan Makanan Aman Sebelum Belanja," ungkap Kepala BPOM Yogyakarta.

Kepala BPOM menambahkan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran serta aktif pelaku usaha sebagai pilar kedua pengawasan obat dan makanan, juga untuk  meningkatkan kemitraan dengan pelaku usaha, khususnya pengusaha ritel pangan. (*)

 

BERITA REKOMENDASI