Libatkan Ribuan Peserta, Gelar Potensi Budaya Sabdodadi

BANTUL, KRJOGJA.com – Kegiatan Budaya bertajuk 'Gelar Potensi Budaya Desa Sabdodadi' tahun 2019 dipusatkan di Dusun Dukuh Keyongan Sabdodadi Bantul, Minggu (20/10/2019). Ribuan orang dipastikan akan hadir mengikuti kegiatan budaya tersebut. Ajang tersebut punya arti sangat penting bagi masyarakat mengingat sudah masuk Desa Sabdodadi Mandiri Budaya dan serta desa Prima Budaya. 

“Sabdodadi sebagai desa mandiri berbudaya dan desa prima budaya, tentu punya kewajiban untuk melestarikan seni, budaya dan potensi wisata,” ujar Lurah Desa Sabdodadi Bantul, Siti Fatimah kepada wartawan, Jumat (18/10/2019). 

Dalam acara itu juga dihadiri Ketua Desa  Budaya Sabdodadi, Sumaji, Pendamping Teknis Komunitas Kali Winongo Indah (Kolingin), Hari Nir Baya perwakilan dari Ngepreh Indah, Rasmono, pengurus desa budaya sabdodadi Subandi, Ketua Panitia Gelar Budaya Desa Sabdodadi, Agus Sutejo.  

Siti Fatimah mengatakan, sejak tahun 1994 Sabdodadi sebagai desa rintisan budaya, kemudian tahun 2017 sebagai desa budaya maju. Tetapi sekarang ini Sabdodadi sebagai Desa Mandiri Berbudaya. Dengan status itu, menjadikan pemerintah desa dan masyarakat makin semangat melestarikan budaya dan potensinya.  

Dijelaskan, kegiatan tersebut sebenarnya digelar rutin dengan penyelenggara digilir setiap dusun. “Tahun ini Dusun  Dukuh sebagai penyelenggara,” ujar Siti. Dijelaskan, sebagai desa mandiri berbudaya, ada sejumlah aspek yang mesti dilestarikan diantaranya, upacara adat, kesenian, kuliner, kerajinan serta pengobatan tradisional.  

Sementara Ketua Desa Budaya Sabdodadi, Sumaji mengatakan kegiatan budaya tersebut akan dimulai pukul 12.00 WIB dengan berkumpul di Lapangan Sabdodadi. Setelah itu bregada akan berjalan menuju pendapa Dusun Dukuh. Setelah proses kenduri selesai, bregada menuju Ngepreh dan Kolingan Manding Serut Kadibeso. Dalam kegiatan itu masih satu rangkaian dengan Hari Jadi Desa Sabdodadi. Menurutnya, Desa Sabdodadi kini sudah punya potensi wisata yakni Pokdarwis Manding yang diketaui Sis Jumakir.(Roy)

BERITA REKOMENDASI