Libur Lebaran, Dua Pantai Jadi Fokus Perhatian

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL (KRJogja.com) – Persiapan dilakukan Basarnas Yogyakarta untuk pengamanan liburan dan mudik Lebaran. Sejumlah personel ditempatkan daerah strategis termasuk di Bandara Adisucipto Yogyakarta hingga Pantai Congot Kulonprogo. Dari sekian objek vital itu, dua objek pantai paling jadi fokus perhatian yakni Baron Gunungkidul serta Parangtritis Kretek Bantul.

 

"Khusus Pantai Baron Gunungkidul dan Parangtritis Kretek Bantul memang jadi fokus perhatian kami ada ribuan orang bakal berkunjung di dua objek wisata itu," ujar Plt Kepala Basarnas Yogyakarta, Asbani kepada wartawan di Kantor Basarnas Jalan Wates Sedayu Bantul, Kamis (22/6).  
Asbani mengungkapkan untuk sekarang ini perosnel Basarnas disebar disejumlah kawasan strategis di DIY. Sehingga ketika ada peristiwa yang membutuhkan penanganan bisa cepat dikomunikasikan. "Kami dari Basarnas sifatnya ikut mengamankan momentum Lebaran, sehingga tidak hanya objek wisata. Jalur lalulintas juga ikut kami pantau," katanya.

Sementara Komandan SAR Bantul, Arif Nugraha mengatakan , untuk kondisi sekarang ini secara umum kondusif. "Gelombang besar tidak mempengaruhi keamanan pengunjung, tetapi rawan untuk perahu nelayan. Gangguan ubur-ubur kelihatannya tidak ada untuk saat ini," ujar Arif. Khusus pengamanan keseluruhan melibatkan 93 anggota SAR Bantul, SAR Dit Polair Polda DIY, SAR Pos AL Samas, Pramuka Saka Bahari ditambah unsur relawan insidental. Khusus
di Parangtritis disiagakan 50 SAR Bantul, Pos Depok 12 SAR Bantul, Samas 7 personel, Gua Cemara 7 personel, Kuwaru 6 personel, Pantai Baru 7 personel.

Sementara Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul sudah merancang rekayasa lalu lintas untuk menghadapi liburan Lebaran. Langkah tersebut diambil untuk mengurai kepadatan kendaraan yang diprediksi bakal terjadi disejumlah ruas jalan di Bantul. Rekayasa itu akan diberlakukan di Jalan Parangtritis menuju objek wisata pantai. Sementara itu pengelola rumah makan sepakat  tidak akan ‘nuthuk’ atau menaikkan harga diluar kewajaran  bagi wisatawan yang berkunjung di Pantai Depok.

"Rekayasa lalu lintas akan terapkan di Jalan Parangtritis, persisnya di Sempalan Pundong," ujar Kepala Dishub Bantul, Aris Suharyanta Ssos MM. Aris mengatakan, ketika rekayasa dijalankan Dishub akan menurunkan personel berjaga di sempalan Pundong. Termasuk melibatkan kepolisian serta Dinas Pariwisata Bantul. "Sehingga di Sempalan Pundong nantinya ada petugas jaga," kata Aris.

Dalam skenario rekayasa itu, kendaraan pribadi roda empat dari utara ke selatan dialihkan petugas lewat Sempalan Pundong dan masuk Jalan Parangtritis di selatan Jembatan Kretek. Sementara kendaraan roda dua dan bus boleh melintasi Jalan Parangtritis. "Rekayasa ini kami ambil untuk mengurai kepadatan kendaraan di Jalan Parangtritis," jelas Aris.

Khusus Sempalan Pundong merupakan jalan alternatif tepatnya Jalan Parangtritis Km 16 ke timur. Ruas ini merupakan jalur utama menuju pusat Kecamatan Pundong dan kembali ke Jalan Parangtritis di selatan Jembatan Kretek. Aris mengungkapkan, Dishub bersama Dispar Bantul juga membuka Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) sementara, lokasinya 300 meter timur sebelum Jembatan Kretek. Sehingga dalam prakteknya nanti ada 3 TPR, 1 TPR di jalur timur sebelum Jembatan Kretek, TPR utama, dan 1 Jalur Trembes.  Sementara jalur balik dari Parangtritis diarahkan lewat Pantai  (Roy)

 

BERITA REKOMENDASI