Lomba Karawitan Dorong Generasi Muda Cinta Budaya

BANTUL, KRJOGJA.com – Pekan budaya guru dan karyawan SD Unggulan Aisyiyah Bantul dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan, Kamis (23/7). Program tersebut dalam rangka melestarikan budaya yang mulai luntur akhir-akhir ini.

Karena itu, sebelum guru dan karyawan SD Unggulan Aisyiyah Bantul memberikan pelajaran kepada siswa terlebih dahulu diberikan bekal kemampuan memadai. “Lomba karawitan dalam rangka pekan budaya guru dan karyawan SDU Aisyiyah Bantul ini ini sebagai upaya dan komitmen sekolah melestarikan budaya Adi luhur bangsa. Oleh karena itu sebelum guru memberikan edukasi dan ilmu pengetahuan kepada siswa kami bekali dengan keterampilan, salah satunya memainkan kesenian karawitan,” ujar Kepala SDU Aisyiyah Bantul Suwardi MPd didampingi Waka Budaya SDU Aisyiyah Bantul, Nunung Sintianita,S Sos I disela acara pendaapa Dalem Ronggo Dimejo Sanggrahan Ringinharjo Bantul.

Dijelaskan, dengan program tersebut diharapkan remaja tetap menyukai dan punya rasa memiliki terhadap budaya di sekitar kita. Paling tidak kemampuan guru dalam memainkan kesenian karawitan bisa menginspirasi siswa. Juri lomba dalam lomba tersebut Agus Tri Purnama, SSn, Sudiarjo MPd serta Drs Bambang Suharjana, M.Hum.( Dosen ISI Yogyakarta). Sejumlah aspek penilaian meliputi wiraga, wirasa,wirama dan kekompakan.

Setelah dilakukan penilaian, juara 1 -3 yakni kelas 6, kelas 5, kelas 4. Juara harapan 1 hingga 3 yakni kelas 3 dan kelas 1. (Roy)

BERITA REKOMENDASI