Lomba Mading Peringati Hari Pahlawan di SMP Islam Prestasi Al Mubtadi-ien

BANTUL, KRJOGJA.com – Duta Kampus Mengajar #2, Aisah Nur Fitria, Ana Zulfa Hasanah, dan Marezal Akbar Putra dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan, Rabu (10/11/2021) mengadakan lomba mading antar kelas untuk memperingati Hari Pahlawan.

Acara tersebut dilaksanakan tidak hanya untuk memperingati Hari Pahlawan, melainkan untuk membangun rasa nasionalisme dan juga mengajarkan keteladanan kepada siswa-siswi di SMP Islam Prestasi Al Mubtadi-ien, seperti hal nya kejujuran, kegigihan, pantang menyerah, dan melakukan kewajiban dan hak.

Lomba mading ini berlangsung selama kurang lebih 1 (satu bulan). Masing-masing kelas mendapatkan sub tema mading yang berbeda-beda, sehingga mading yang dihasilkan juga memiliki informasi yang berbeda-beda, namun tetap dalam tema yang sama yakni mengenai Hari Pahlawan.

“Pada Hari Pahlawan ini, kita sudah bukan lagi melawan para penjajah, melainkan kita yang harus melawan dan memerangi napsu diri kita sendiri. Bereskan dulu urusanmu, baru boleh bereskan urusan orang lain. Jadi, perlu diingat bahwa saat ini yang menjadi pahlawan adalah diri kita sendiri, bagaimana kita mengatur waktu untuk belajar dan lain-lain, tidak hanya sibuk bermain game, tetapi juga harus tau batasan dan kewajiban bahwa seorang pelajar harus belajar dengan giat,” ujar Achmad Siddicq selaku Kepala Sekolah SMP Islam Prestasi Al Mubtadi-ien.

Lomba dalam peringatan Hari Pahlawan itu sebelumnya belum ada, jadi ini sesuatu yang baru untuk SMP Islam Prestasi Al Mubtadi-ien dan ini sangat baik sekali untuk dilestarikan dan ini sangat mendukung sekali untuk kreatifitas pasukan prestasi, khususnya dalam mengembangkan wawasan mereka.

“Mungkin tadinya ada yang tidak peduli Hari Pahlawan, jadi peduli, yang tadinya gatau sejarah mereka belajar sejarah, yang sudah tahu sejarah jadi tambah lagi wawasannya, dan diadakannya lomba ini, memicu mereka untuk berkompetisi memberikan yang terbaik karya-karya mereka berupa mading dan harapan kami, mudah-mudahan kegiatan tahunan ini dapat langgeng lestari dan dapat dilanjutkan digenerasi-generasi selanjutnya dan tentunya dengan piala bergilir itu, anak-anak merasa dihargai ya, atas usaha mereka, kekompakkan mereka, karya-karya mereka dan tentunya karena dihargai itulah anak-anak semakin terpicu untuk mengembangkan potensi kreatifitas mereka,” ujar guru bimbingan konseling (BK), Mohammad Aziz Ghony.

Dengan adanya lomba mading ini, kami berharap untuk kedepannya siswa SMP Islam Prestasi Al Mubtadi-ien untuk bisa lebih kreatif dalam mengembangkan wawasannya dan juga berharap dapat membangun rasa nasionalisme yang tinggi.(*)

UAD

BERITA REKOMENDASI