LPPM UAD Wujudkan Kontribusi Nyata PPM Bagi Guru Bantul

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRJogja.com – Program Pengabdian Kepada Masayarakat (PPM) yang diadakan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UAD Yogyakarta tahun 2021 digelar secara daring. Kegiatan dikemas dalam pelatihan penulisan pantun berbasis profetik dan kearifan lokal bagi guru di Kabupaten Bantul. Program tersebut dilaksanakan Sabtu (5/6) diikuti 35 peserta Guru SD di Bantul. Hadir sebagai narasumber Yosi Wulandari MPd (Ketua PPM) sekaligus pengusung program, Wachid Eko Purwanto MA serta Denik Wirawati, MPd.

Ketua PPM, sekaligus pengusung program, Yosi Wulandari mengatakan, kegiatan tersebut sebenarnya merupakan tindak lanjut kegiatan PPM tahun lalu. “Tahun lalu itu kita mengusung kegiatan pengembangan bahan ajar berbasis digital khususnya pembelajaran syair di SMP,” ujarnya.

Sedang materi kali ini dengan pertimbangan guru SD ketika mengajarkan pantun. Belum menulis pantun sendiri, rata-rata masih mengambil referensi. Oleh karena itu dalam program ini guru didorong lebih kontekstual.

Artinya yang diajarkan itu mengarah pada berbasis kebudayaan lokal. “Yang diajarkan sebelum berbasis kebudayaan lokal dan berbasis kepada profetik. Misalnya di sekolah Muhammadiyah kita berharap tetap bisa menjaga tradisi dan bisa memberikan pengaruh yang terbaik,” ujarnya. Dengan program ini kami berharap bisa berkontribusi bagi siswa.

“Kita berharap kedepannya guru bisa lebih terampil, termasuk melahirkan kumpulan pantun dari guru yang bisa digunakan sebagai bahan ajar di sekolah masing-masing,” ujarnya.

Heriyanto Ismowiyono, S.Pd mewakili dari Dikdasmen dan BKS sekaligus alumni UAD mengapresiasi semua jajaran yang terlibat. “Harapan kami pelatihan ini menghasilkan karya terbaik dan menjadi tradisi yang melembaga dan bermanfaat bagi guru SD di bantul,” ujarnya. (Roy)

 

BERITA REKOMENDASI