Lurah dan Perangkat Desa Dilarang Dukung Calon Perseorangan

BANTUL, KRJOGJA.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul tengah menyiapkan pelaksanaan pengumuman calon perseorangan. Sementara itu salah satu syarat dukungan kepada calon perseorangan tidak boleh dari lurah , perangkat desa serta TNI/Polres dan PNS.

"Ada beberapa jenis pekerjaan yang dilarang memberikan dukungan kepada calon perseorangan. Pekerjaan  ini diantaranya anggota TNI/POLRI, PNS, penyelenggara Pemilihan, Kepala Desa serta perangkat desa," ujar Ketua KPU Bantul, Didik Joko Nugroho kepada KRJOGJA.com saat ditemui di Kantornya Senin (2/12/2019).

Didik juga menuturkan sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 16 Tahun 2019 tentang tahapan, program dan jadwal pemilihan, pengumuman penyerahan dukungan untuk pemenuhan persyaratan pencalonan perseorangan. Adapun pengumuman berlangsung pada (3/12/2019) hingga (16/12/2019) mendatang. 

Ditambahkan Didik, jumlah minimal dukungan untuk calon perseorangan di Bantul yakni 7,5 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Bantul yakni 707.009 jiwa atau sejumlah 53.026 dukungan.

Sementara jumlah minimal dukungan ini paling sedikit ada di 9 kecamatan se-Bantul. Dalam proses verifikasi, imbuh Didik hal yang diwaspadai yakni adanya dukungan ganda. 

"Untuk mengkonfirmasi kebenaran dukungan KPU juga akan melakukan verifikasi faktual ke seluruh pendukung dengan metode sensus," jelasnya lagi.

Ditambahkan Didik, dalam pengumuman pendaftaran perseorangan ini memuat beberapa hal di antaranya Keputusan KPU Bantul tentang penetapan jumlah minimal dukungan calon perseorangan, persebarannya, waktu dan tempat penyerahan dokumen, serta jenis dokumen yang harus dipersiapkan oleh calon perseorangan. 

"Dokumen yang harus dipersiapkan oleh calon perseorangan antara lain formulir B.1-KWK yang merupakan surat pernyataan dukungan oleh setiap pendukung dengan ditempel fotokopi KTP elektronik. Selanjutnya formulir B.1.1-KWK yang memuat tabel daftar nama pendukung yang ditandatangani oleh pasangan calon perseorangan, serta formulir B.2-KWK yang merupakan rekapitulasi jumlah dukungan pasangan calon perseorangan yang dicetak dari aplikasi Silon (sistem informasi pencalonan)," urai Didik.

Sementara tahapan penyerahan dokumen tersebut akan dilaksanakan pada rentang waktu sejak 19 hingga 23 Februari 2020 di kantor KPU Bantul. (Aje)

BERITA REKOMENDASI