Lurah Terpilih Dilantik Besok

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Sebanyak 26 calon lurah terpilih terdiri 24 lurah hasil Pilur Minggu (27/12/2020) dan 2 PAW, siap dilantik Bupati Bantul Drs H Suharsono, Rabu (30/12/2020). Pelantikan digelar di lantai 3 Gedung Induk Pamkab Bantul, dengan undangan terbatas mengingat masih dalam pendemi Covid-19.

“Walaupun ada protes atau keberatan terkait hasil Pilur, tidak menghalangi proses pelantikan,” ungkap Kabag Administrasi Pemerintah Desa Setda Bantul, Drs Kurniantara MSi, Senin (28/12/2020).

Melaksanaan Pilur serentak 2020 di 24 Kalurahan se Kabupaten Bantul, berjalan lancar aman dan kondusif sesuai harapan. Bahkan mendapat apresiasi dari Kementerian Dalam Negeri RI, karena kesuksesan dalam pelaksanaan Pilur di Bantul.

Tetapi ada yang disayangkan, karena dibeberapa Kalurahan yang saat Pilur masih terdapat kerumunan massa sehingga berpotensi penularan Covid-19 serta terdapat konvoi sepeda motor yang termasuk pelanggaran tata tertib dalam Pilur, seperti di Temuwuh Dlingo dan Tirtonirmolo Kasihan.

Sementara partisipasi masyarakat datang ke TPS untuk melakukan pemungutan suara cukup memuaskan, yakni rata-rata sebesar 82,3 persen. “Partisipasi masyarakat untuk melakukan coblosan cukup bagus,” imbuh Kurniantara.

Dengan selesainya pelaksanaan Pilur serentak 2020 di 24 Kalurahan ini Kurniantara berharap kepada semua pihak, agar tetap menghargai apapun atau siapapun yang terpilih dari hasil Pilur 2020. Yang kalah harus legawa yang menang tidak perlu sombong. Karena sebelum maju di kancah Pilur sudah menyatakan siap kalah maupun menang.

Sementara calon lurah terpilih hasil Pilur di 24 Kalurahan, yakni di Tirtohargo terpilih Sugiyamta, Donotirto (Jurahimi), Wonokromo (AM Machrus Hanafi), Pleret (Taufiq Kamal), Bawuran (Supardiono SSn), Segoroyoso (Miyadiana), Triwidadi (Slamet Riyanto), Sendangsari (Durori SPdI MPd), Muntuk (Marsudi), Imogiri (Budi Purwanto SH ), Karangtengah (Maryanto).

Karangtalun (Suharjo), Pendowojarjo (H Hilmi Hakimudin SPdI), Timbulharjo (Anifarkhan Haibar SPd), Srigading (R Prabowo Suganda Ir), Gadingharjo (Darsana), Jambidan (Zubaidi), Tamanan (Hartoyo) Canden (Beja SH MH Li), Argodadi (Prayitno), Caturharjo (H Wasdiyanto SSi), Srimulyo (Drs Wajiran) Bangunjiwo (H Parja ST MSi), Tirtonirmalo (HM Marwan MS SH). Sedangkan 7 petahana yang masih terpilih dalam Pilur 2020 di Kalurahan Donotirto, Segoroyoso, Pendowoharjo, Argodadi, Srimulyo, Bangunjiwo dan Tirtonirmolo. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI