Mahasiswa KKN UAA Edukasi Manfaat Tanaman Herbal di Pajangan

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRjogja.com – Sebagai upaya penguatan ketahanan pangan, mahasiswa Universitas Alma Ata (UAA) mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan mendampingi warga memanfaatkan tanaman herbal.

DPL Kelompok KKN UAA penempatan di  Gandekan, Guwosari, Pajangan, Daru Estiningsih, M.Sc.,Apt kepada KR, Selasa (20/4) menuturkan kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi para warga tentang pemanfaatan tanaman yang ada di sekitar pekarangan rumah. Banyak tanaman dapat difungsikan sebagai obat-obatan alternatif sebelum membeli obat-obat kimia yang ada di apotek.

“Metode yang digunakan untuk mengedukasi para ibu-ibu menggunakan sosialisasi yang dilakukan 3 sesi pertemuan dikarenakan pada masa pandemi Covid-19. Setiap 1 sesi anggota yang diikutsertakan maksimal berjumlah 20 orang, setiap sesi pertemuan berdurasi 1 jam,” jelasnya.

Adapun secara keseluruhan warga dukuh Gandekan yang berjumlah 263 KK (Kepala Keluarga). Harapannya supaya tingkat pengetahuan warga pada penggunaan tanaman herbal menjadi lebih tinggi.

“Dari hasil analisa kami ternyata beberapa warga belum mengetahui manfaat tanaman herbal yang ada di sekitar sehingga kami sosialisasikan ini agar dapat meningkatkan pengetahuan warga didukuh Gandekan mengenai pentingnya manfaat penggunaan tanaman herbal sebagai obat alternatif,” paparnya.

Program kerja KKN diikuti oleh 11 mahasiswa gabungan dari Prodi Farmasi dan Akuntansi UAA Yogyakarta. Pihaknya berharap program KKN terus berkesinambungan. (Aje)

 

BERITA REKOMENDASI