Mahasiswa UMBY Asah Kepekaan Sosial Lewat Foto

BANTUL, KRJOGJA.com – 300 karya foto mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) dipamerkan dalam pameran karya di Amphitheatre kampus tersebut, Kamis (25/7/2019). Potret-potret kondisi sosial masyarakat di Yogyakarta menjadi sasaran 88 mahasiswa untuk dibidik dari balik lensa untuk mengasah kepekaan sekaligus insting rasa dan karsa. 

Dosen konsentrasi broadcasting dan jurnalistik UMBY Achmad Oddy Widyantoro, M.Sn, mengungkap sengaja memberi tema besar human interest pada mahasiswa dengan meminta mereka turun langsung ke berbagai pusat kehidupan dan membidik momen menarik. Hal tersebut menurut dia sangat penting untuk membangun kepekaan anak-anak muda untuk melihat fenomena yang terjadi di sekitar. 

“Kami angkat kehidupan masyarakat pinggiran dan apapun yang ada di pasar tradisional karena itulah pusat kehidupan yang riil. Kami ingin anak-anak punya pemikiran kritis sekaligus rasa yang mendalam ketika melihat fenomena sosial,” ungkapnya pada wartawan. 

Dari hasil kurasi yang didapatkan, hingga muncul 300 karya, Oddy melihat ada karakter berbeda yang ditawarkan mahasiswa. “Mulai terlihat dari bidikan, ada relasi yang disampaikan teman-teman mahasiswa. Mudah-mudahan terus terasah dan nantinya paling tidak mereka bisa menghasilkan sesuatu yang menarik di masa depan,” sambungnya. 

Dalam pameran sehari tersebut, seluruh hasil jepretan foto bisa dibeli secara umum di mana hasilnya akan didonasikan seluruhnya untuk kepentingan sosial. “Kami ingin berbuat untuk masyarakat, dua kepekaan yang kami dapat yakni setelah melihat fenomena di masyarakat dan mencoba membantu dengan apa yang teman-teman mahasiswa bisa,” pungkasnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI