Malam Nanti Simpang Empat Dongkelan Ditutup

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Mulai Kamis (15/07/2021) pukul 21.00 WIB akan dilakukan penutupan/penyekatan di Jalan Bantul, dari simpang empat Dongkelan. Langkah tersebut masih terkait dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Dengan penutupan/penyekatan tersebut, diharapkan mampu mencegah penyebaran virus korona yang hingga kini bisa dikatakan masih tinggi. Hal tersebut disampaikan Kapolres Bantul Polda DIY AKBP Ihsan SIK didampingi Kasat Lantas Polres Bantul AKP Gunawan Setyabudi SH MH, Kamis (15/07/2021) pagi.

Disampaikan, penutupan/penyekatan jalan didasarkan pada pertimbangan agar masyarakat terhindar dari virus korona. Ditutupnya/disekatnya Jalan Bantul diharapkan bisa mengurangi aktivitas masyarakat agar tidak menimbulkan kerumunan.

Terkait hal tersebut, Ihsan memohon masyarakat bisa memahami kebijakan yang diambil jajaran Polres Bantul. Kebijakan tersebut semata-mata demi kesehatan dan keselamatan masyarakat Bantul khususnya, DIY umumnya. Ditambahkan, petugas Satlantas Polres Bantul dibantu satuan fungsi (satfung) lainnya akan berjaga-jaga di simpang empat Dongkelan.

Meski demikian, petugas juga akan melakukan ‘kompromi’ tertentu terhadap masyarakat yang tinggal di seputaran simpang empat Dongkelan. “Warga sekitar simpang empat Dongkelan yang berniat pulang ke rumah dimungkinkan langsung menuju ke rumah tanpa terlebih dahulu harus ‘ngalang’,” kata Ihsan.

Ihsan menjelaskan pihak kepolisian bertekad menjadi garda depan dalam upaya pencegahan penyebaran virus korona. Realitas yang dihadapi masyarakat, hingga kini pandemi Covid-19 masih berlangsung, belum menunjukkan akan segera berakhir.

Karena itu, semua pihak harus tetap meningkatkan kewaspadaan, salah satunya dengan menaati protokol kesehatan (prokes). Pemakaian masker wajib dilakukan masyarakat, demikian pula masalah cuci tangan dan menghindari kerumunan harus terus dilakukan masyarakat.

Perihal penutupan/penyekatan ruas jalan di Jalan Bantul mulai dari simpang empat Dongkelan, Ihsan menegaskan semata-mata demi kesehatan dan keselamatan masyarakat. Bagi kepolisian, di masa pandemi Covid-19, kesehatan dan keselamatan masyarakat menjadi fokus utama pelayanan. Karena itu, masyarakat diimbau mau menaati apa yang menjadi kebijakan pemerintah pusat, provinsi, hingga kabupaten.

Kepolisian berusaha ‘mengawal’ kebijakan pemerintah semaksimal mungkin, demi kepentingan masyarakat. “Mari kita bahu membahu mencegah penyebaran virus korona,” ucap AKBP Ihsan SIK. (Hrd)

BERITA REKOMENDASI