Malam Tahun Baru, Obwis di Bantul Tutup

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRJogja.com – Semua objek wisata (Obwis) di Bantul bakal ditutup di malam pergantian tahun. Penutupan mulai Kamis (31/12) pukul 18.00 WIB hingga Jumat (1/1) pukul 06.00 WIB. Kebijakan tersebut diambil sebagai upaya antisipasi penyebaran Covid-19. Sementara mencegah terjadinya pelanggaran terhadap kebijakan tersebut. Dinas Pariwisata (Dinpar) sudah berkoordinasi dengan sejumlah pihak, di antaranya Satpol PP Bantul Dinas Perhubungan Bantul, Polres serta Kodim Bantul.

“Kesepakatan sudah diambil dalam upaya menghindari kerumunan. Kaki tidak punya pilihan semua objek wisata di malam tahun baru ditutup. Pelaku usaha untuk tidak menggelar dagangan supaya tidak rugi,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo, Rabu (30/12). Dijelaskan, penutupan hanya dilakukan malam Tahun Baru. Kemudian siangnya sudah dibuka kembali.

Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistyono SIK siap mengamankan kebijakan tersebut. Dengan menerjunkan pasukan yang betugas menghalau pengunjung nekat masuk ke objek wisata. “Kami akan tanyai dahulu, kepentingannya apa, jika warga sekitar kami persilakan. Sehingga kami tidak minta putar balik. Termasuk petugas yang akan menyaring di perempatan Bakulan,” ujar Wachyu. Selain itu, tim khusus dari Polres Bantul memastikan menurunkan tim untuk mencegah kemungkinan terjadinya kerumunan di beberapa titik di Bantul.

Sementara Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul sudah pasti menerjunkan petugas untuk mengamankan kebijakan penutupan objek wisata tersebut. Dishub Bantul sudah menyiapkan empat rambu di empat titik berbeda. Rambu tersebut berisi imbauan serta pemberitahuan bahwa Pantai Parangtriris ditutup. “Begitu objek wisata malam tahun baru diputuskan untuk ditutup, kami langsung pasang di empat titik berbeda. simpang tiga Pundong, Simpang tiga Ngangkruk, simpang tiga selatan Jembatan Kretek dan di depan TPR,” ujar Kepala Dishub Bantul Aris Suharyanta SE MM.

BERITA REKOMENDASI