Mampir Bantul, Peserta PKN II LAN RI Tertarik PLTH

BANTUL, KRJOGJA.com – Sebanyak 15 peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XVIII Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI Jakarta berkunjung ke Kabupaten Bantul. Rombongan didampingi Denny Junanto, SE, MPP, Ph.D dari LAN RI  berkunjung ke Desa Poncosari Kecamatan Srandakan Bantul. Dalam kunjungan itu peserta fokus mempelajari energi baru dan terbarukan atau disebut Visitasi Kepemimpinan Nasional (VKN). 

Ketua Kelompok Muhammad Suib yang juga Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Labuhanbatu Utara Propinsi Sumut, mengatakan, jika peserta PKN II, dulunya disebut Diklatpim II ini mendapatkan pemaparan  Camat Srandakan  Anton Yulianto, AP tentang keberadaan energi terbarukan di  Srandakan. 

Program tersebut merupakan realisasi dari Sistem Inovasi Daerah (SIDA) Kabupaten Bantul.  Sementara Kepala Desa Poncosari H  Supriyanto, SE, . Pt menjelaskan tentang sejarah Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid (PLTH) dan operasionalnya serta manfaatnya bagi masyarakat. 

Setelah itu, rombongan mengunjungi Desa Poncosari, dan mendapatkan penjelasan dari PLTH. Dari sesi itu, peserta  mendapat informasi tentang Sumber Energi baru Terbarukan di Pantai Baru. Peserta dari berbagai propinsi itu meninjau langsung di lokasi yaitu pemanfaatan PLTH, pemanfaatan kotoran ternak menjadi Biogas.

Sedang Muhammad Suib menyerahkan seperangkat alat kelengkapan olahraga Bola Voli diterima Sekretaris Desa Ghufron. Rombongan diakhir kunjungan juga bertemu Asisten II Pemkab Bantul Bambang Guritno. Kunjungan tersebut diharapkan bermanfaat untuk kemajuan Bantul dan kesuksesan pembelajaran peserta PKN.(Roy)

BERITA REKOMENDASI