Mantan Kapolda DIY Selenggarakan Buka Puasa Bersama

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Mantan Kapolda DIY Irjen Pol (Purn) Drs Haka Astana Mantika Widya SH beserta keluarga, Sabtu (08/05/2021) malam menggelar acara buka puasa bersama di Kantin Ancuku, Jalan Tino Sidin Ngestiharjo, Kasihan, Bantul. Selain keluarga Haka Astana, buka puasa bersama diikuti para kolega, baik dari kepolisian maupun umum.

Tak hanya itu, para pebulutangkis yang selama ini bergabung di Persatuan Bulutangkis (PB) Ancuku juga mengikuti acara yang dimaksudkan untuk mempererat tali silaturahmi. Buka puasa bersama dilakukan tetap dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Haka Astana menyampaikan buka bersama tak sekadar bareng-bareng menikmati makan dan minum, seusai seharian penuh menjalani ibadah puasa. Lebih dari itu, buka puasa bersama menjadi kajian religius untuk memahami nilai-nilai ke-Islaman.

Ibadah puasa yang ditandai dengan menahan lapar dan haus, akan lebih sempurna lagi mampu menahan hawa nafsu. “Jika selama puasa kita justru menjauhi nilai-nilai yang diajarkan dalam Islam, maka yang kita dapatkan mung ngelih,” ujar Haka Astana.

Karena itulah, menurut Haka Astana selama berpuasa umat Islam harus benar-benar menjalankan semua perintah Allah SWT untuk meningkatkan keimanan. Hal-hal yang tidak boleh dalam agama, tidak boleh dilanggar karena menaati ajaran agama merupakan perbuatan yang dikehendaki oleh Allah SWT.

Dalam kesempatan sama, Haka Astana berharap kepada anggota polisi (aktif) agar benar-benar bisa menjadi pelayan dan penganyom masyarakat, termasuk ketika menyikapi pandemi Covid-19. Polisi haru mampu menjadi garda depan dalam mencegah penyebaran virus korona.

Demikian pula kepada anggota polisi yang sudah pensiun dan seluruh insan yang tergabung di komunitas Ancuku, Haka Astana mengharapkan tetap memperhatikan dan menaati protokol kesehatan. Berbagai aktivitas yang dilakukan harus menyesuaikan kondisi dan situasi yang ada.

“Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini aktivitas keseharian harus tetap dijalankan, dengan memperhatikan dan menaati protokol kesehatan demi mencegah terjadinya penyebaran virus korona,” kata Haka Astana. (Hrd)

BERITA REKOMENDASI