MARS UMY Sukses Deteksi Kepribadian Pegawai RSU PKU Muhammadiyah Banjarnegara

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Mahasiswa Pascasarjana Magister Administrasi Rumah Sakit (MARS) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sukses melakukan kegiatan deteksi kepribadian pegawai melalui aplikasi DISC Profile untuk pegawai RSU PKU Muhammadiyah Banjarnegara. Pendeteksian dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan dan membangun efektivitas komunikasi di lingkup rumah sakit.

Kegiatan dilaksanakan sebagai bentuk realisasi dalam upaya penyelenggaraan kegiatan Pengabdian Masyarakat (Pengmas) MARS UMY. Dalam Pengmas ini, mahasiswa berkolaborasi dengan dosen MARS UMY untuk menggarap maksimal manajemen layanan kesehatan.

Dalam pelaksanaannya mahasiswa dan dosen MARS UMY mengadakan workshop dengan tema “Mengenal Kepribadian Diri dalam Membangun Komunikasi Efektif”. Workshop dilakukan secara online melalui aplikasi zoom meeting pada hari Selasa (09/11/2021) lalu dengan diikuti 66 partisipan terdiri dari direktur RS, kepala bidang pelayanan medis, kepala keperawatan, staf keperawatan, dan staf kebidanan di RSU PKU Muhammadiyah Banjarnegara.

Dalam kegiatan workshop tersebut, partisipan disajikan materi mengenai cara berkomunikasi efektif dengan tipe kepribadian yang berbeda, implementasi komunikasi efektif di rumah sakit, pengenalan aplikasi DISC Profile, dan tutorial pengisiannya. Peserta dapat mengunduh aplikasi DISC Profile di google play store dan diberikan waktu satu minggu untuk dapat mengisi aplikasi tersebut.

Setelah semua peserta mengisi aplikasi DISC Profile dan didapatkan hasil kepribadian mereka, kemudian hasil dari pengisian aplikasi tersebut di screenshot dan dikirimkan kepada pengabdi secara online melalui google form. Setelah data hasil kepribadian tersebut terkumpul, kemudian dilakukan analisis data agar data yang diperoleh dapat dijadikan sebagai masukan untuk pengembangan SDM di RSU PKU Muhammadiyah Banjarnegara.

“Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk membantu khususnya di bidang SDM dalam melakukan deteksi dini kepribadian pegawai, sehingga diharapkan nanti bisa meningkatkan komunikasi efektif di RSU PKU Muhammadiyah Banjarnegara. Dengan membangun komunikasi efektif antar SDM diharapkan bisa meningkatkan produktivitas kerja dan kepuasan pasien untuk memenuhi standar akreditasi rumah sakit,” ungkap Primada Kusumaninggar, ketua Pengmas MARS UMY, Rabu (12/11/2022).

Primada menambahkan ada 65 orang peserta yang terdiri dari perawat dan bidan di RSU PKU Muhammadiyah Banjarnegara melakukan pengisian pada aplikasi DISC Profile untuk mendeteksi jenis-jenis kepribadian masing-masing pegawai, khususnya jenis karakter dominan, yang berpengaruh dalam menjalin komunikasi efektif antar Profesional Pemberi Asuhan (PPA) untuk mewujudkan iklim kerja yang kondusif dalam menunjang kualitas pelayanan di rumah sakit. Diharapkan nantinya hasil tes kepribadian bermanfaat bagi RSU PKU Muhammadiyah Banjarnegara dalam memetakan dan menganalisis kepribadian dengan cepat dan akurat dan peserta tidak perlu takut dan khawatir setelah jenis kepribadiannya diketahui karena kerahasiaannya akan dijaga.

Mahasiswa yang turut serta dalam kegiatan Pengmas ini tergabung dalam tim Delta MARS UMY yakni Aldina Shiena Fernanda, Alfan Al Ghifari Sudarmanto, Alivio Laurent Buana, Dhaniah El Fitri, Eka Nur Sejati dan Primada Kusumaninggar dari Program Studi MARS UMY angkatan 18. Kegiatan Pengmas tersebut dikelola Lembaga Pengabdian Masyarakat yang merupakan bagian dari Lembaga Penelitian, Publikasi, dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) UMY sebagai bentuk implementasi hasil penelitian untuk membawa kemanfaatan bagi masyarakat luas.

Sementara, Dr Qurratul Aini, SKG., M.Kes, dosen pembimbing akademik MARS UMY menambahkan kegiatan tersebut bisa menjadi umpan balik yang baik untuk melakukan evaluasi dan mengetahui kekurangan tiap individu dalam sebuah instansi. Hal-hal itu bisa menjadi evaluasi internal yang selama ini luput dan ternyata berdampak pada kinerja rumah sakit.

dr. Bugar Wijiseno, direktur RSU PKU Muhammadiyah Banjarnegara, melempar apresiasi karena program Pengmas MARS UMY yang bisa diaplikasikan dalam penentuan kebijakan ke depan. DISC Profile bisa menjadi salah satu aplikasi yang digunakan sebagai dasar penentuan kebijakan, pengaturan kepegawaian dengan melihat DISC Profile dari masing-masing perawat dan bidan dalam penempatan, penempatan kembali, dan membagi struktural dan fungsional, disamping beberapa faktor lain yang digunakan. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI