Melasti, Upaya Umat Hindu Membersihkan Diri

Editor: Ary B Prass

BANTUL, KRJOGJA.com – Umat Hindu di DIY dan sekitarnya mengikuti upacara ritual Melasti di Pantai Parangkusumo Kalurahan Parangtritis Kretek Bantul, Minggu (27/2/2022).
Melasti merupakan kegiatan ritual, ketika umat Hindu memohon kepada Tuhan lewat laut untuk membersihkan diri. Termasuk membersihkan sarana dan prasarana upacara agar benar- benar siap dalam melaksanakan tapa brata penyepian.
Ketua Umum Hari Raya Nyepi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) I Putu Sugiartha Sanjaya mengatakan, esensinya dari ritual Melasti ialah Umat Hindu memohon amarta tirta suci dari dari laut atau dari penguasa laut namanya Sang Hyang Baruna. Dalam acara tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, Sekretaris Dinas Pariwisata Bantul Jati Bayu Broto, Penewu Kretek Cahya Widada SH MH, Lurah Parangtritis Kretek Bantul Topo.
Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih mengatakan, momentun Hari Raya Nyepi diharapkan senantiasa mendapatkan kebahagiaan, kesejahteraan rukun dan damai. Apalagi tema upacara Melasti pada hari ini adalah aktualisasi nilai- nilai untuk menuju Indonesia yang lebih baik. Karena didalamnya terdapat spirit untuk membersihkan kotoran, baik  pada bhuana alit dalam diri manusia maupun bhuana agung dilingkungan alam semesta.
“Hal ini sangat bagus menjadi inspirasi dan memotivasi bagi kita semuanya agar antara bhuana alit yaitu manusia dan bhuana agung pada bumi yang kita tinggali ini bisa selaras,” ujar Halim.
Halim mengungkapkan, bumi yang bersih ini dihuni oleh orang-orang baik. (Roy)

BERITA REKOMENDASI