Menanamkan Akidah, Membentuk Karakter Berakhlak Mulia

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Kecerdasan akademik seorang siswa tak bisa dipaksakan. Menanamkan akidah dan nilai-nilai Islamiah wajib diberikan, dengan itu maka karakter siswa akan terbentuk. Hal tersebut ditegaskan Kepala SD Muhammadiyah Kleco Kotagede, Amirudin SPd MPdl saat mewisuda para siswa di Jogja Expo Center, Minggu (16/06/2019).

"Kecerdasan akademik itu diajarkan, namun jika akidah itu harus ditanamkan. Nilai-nilai Islamiah akan membentuk karakter seorang menjadi berakhlak mulia," tegasnya.

Menurut Amirudi akidah harus ditanamkan sejak dini. Dalam menanamkannya pun juga harus dilakukan secara berkesinambungan agar anak menjadi terbiasa dan semakin kuat keimanannya.

"Belajar pembisaan akidah maupun ibadah wajib atau lainnya. Kita selalu membimbing ke sana untuk selalu beribadah yang benar," tambahnya.

Sementara itu Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Yogyakarta, H Nur Ahmad Ghozali MA mengatakan Muhammadiyah selalu berkomitmen untuk memajukan pendidikan. Komitmen tersebut tak hanya sebatas pendidikan akademik saja, bahkan juga non akademik.

"Kami berkomitmen terhadap upaya peningkatan karakter. Jadi anak-anak kita didik betul untuk berakhlak mulia, agar anak-anak memiliki karakter yang bagus," jelasnya.

Dalam wisuda ini SD Muhammadiyah Kleco Kotagede meluluskan 108 siswa dari empat kelas. Beberapa lulusan bahkan telah diterima di sekolah-sekolah menengah pertama favorit muapun pondok pesantren (ponpes). (Van)

BERITA REKOMENDASI