Mencicipi Sensasi Gudeg Manggar Sidat di Bantul

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRJOGJA.com – Kuliner khas Yogyakarta, Gudeg ternyata terus berkembang hingga saat ini dengan berbagai kreativitas. Di Bantul, ada olahan gudeng menarik yang memadukan manggar (bunga kelapa) dengan sensasi ikan Sidat.

Adalah Andini pemilik Warung Sate Mbok Sabar di Jalan Parangtritis km 13, Bakulan Patalan Bantul yang memadukan kreasi gudeg tak biasa tersebut. Andini mulai mengkreasi gudeg dengan daging ikan Sidat sejak tahun 2017 lalu setelah sebelumnya mengolah jenis ikan sungai air tawar menjadi sate, tongseng hingga pepes.

Andini menceritakan kreasi Gudeg Manggar Ikan Sidat muncul saat ia mulai memasak berbagai olahan Sidat di warung miliknya. Karakter daging ikan Sidat yang khas perpaduan kenyal dan empuk menurut dia sangat pas untuk diolah menjadi berbagai masakan.

“Saya sudah mulai masak Sidat untuk sate, tongseng, kicik, gule sampai pepes sejak akhir 2016 dan ternyata banyak yang suka. Lalu saya mulai pikir kreasi baru, terpikirlah dibuat gudeg dipadukan dengan manggar, ternyata ya rasanya enak banyak yang suka juga. Biasanya kan ayam, telur atau paling daging ya yang jadi lauk, nah ini ikan Sidat,” ungkapnya ketika berbincang dengan KRjogja.com, Jumat (26/6/2020).

BERITA REKOMENDASI