Menikmati Sensasi Wisata Gerobak Sapi

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRJOGJA.com – Gerobak sapi dulunya sebagai penopang utama transportasi bagi masyarakat. Namun seiring perkembangan zaman, fungsi dari transportasi tradisional tersebut mulai bergeser. Salah satunya gerobak sapi sebagai daya tarik wisata bagi masyarakat. Bahkan Paguyuban Gerobak Sapi Guyup Rukun Kabupaten Bantul sudah meluncurkan paket wisata naik gerobak. Bagi wisatawan yang ingin naik gerobak bisa datang ke Lapangan Jodog setiap Minggu Pon.

“Paket wisata ini kami namakan wisata numpak gerobak Jodogkarta atau kawasan Jodog Karangasem,” Ketua Paguyuban Grobak Sapi Guyub Rukun Tri Iswanto disela menerima kunjungan jajaran Kominfo Kabupaten Bantul dalam program Dinamika Desa di Dusun Jodog Gilangharjo Pandak Bantul, Rabu (23/2). Salaam acara tersebut anggota DPRD Bantul, Eko Sutrisno Aji SE, Lurah Gilangharjo Pandak, Pardiyono SPd.

Menikmati paket wisata naik gerobak, pengunjung akan dibawa keliling di kawasan Jodog dan Karangasem. Disepanjang jalan akan disuguhkan pemandangan bernuansa tradisional. Diantaranya pusat pande besi, kuliner hingga budaya.

Meski untuk paket wisata naik gerobak sementara ini dihari Minggu Pon. Namun jika ada wisatawan hendak berwisata dengan gerobak bisa request kepada pengolala. “Sementara ini, karena masih baru. Pengelola wisata buka setiap Minggu Pon di Lapangan Jodog. Kita akan berkeliling di seputaran Jodog dan Karangasem menikmati suasana dusun hingga perswahan, ” ujarnya.

Dijelaskan, dipilihnya Minggu Pon karena hari itu bersamaan dengan pertemuan Paguyuban Gerobak Sapi Guyup Rukun Kabupaten Bantul di Lapangan Jodog. Soal tarif Rp 70.000 untuk satu grobak bisa dinaiki untuk 5 orang dewasa, 7 orang anak-anak. (Roy)

 

BERITA REKOMENDASI