Menjaga Spirit Pejuang Menyala di Benak Pemuda

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL (KRjogja.com) – Banyaknya generasi muda yang meninggalkan semangat perjuangan ditengarai akibat minimnya penanaman nilai. Oleh karena itu keberadaan pancasila sebagai dasar negara harus dipertahankan dalam kondisi apapun.

 

"Pejuang dalam merebut kemerdekaan kala itu mampu karena niat, tekad. Semangat itu yang harus selalu dilestarikan," ujar dewan pendiri veteran Yogyakarta Purnomo Sidhi didampingi Ketua Legiun Veteran Kabupaten Bantul, H Sahro Wardi disela acara peringatan Hari Veteran Nasional di Gedung Veteran Bantul di Bantul, Rabu (10/8).

Purnomo mengungkapkan,  paling penting sekarang ini adalah menjaga spirit pejuang merebut kemerdekaan itu kembali terus dibenak generasi muda Indonesia sekarang. Tidak dipungkiri sekarang ini semangat tersebut kerap hilang dalam diri generasi muda di Indonesia. Menurutnya, spirit tersebut salah satunya untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Purnomo Sidhi mengungkapkan,  setelah Indonesia merdeka tahun 1945 munculah Pancasila sebagai pengikat.

Dijelaskan bangsa Indonesia sejak awal dilahirkan untuk jadi bangsa kuat sesuai dengan karakter para pejuang. "Jangan menyerah, generasi sebagai penerus bangsa ini harus pantang mundur untuk meraih masa depan," ujarnya.

Sementara Sahro Wardi mengungkapkan jumlah veteran di Bantul saat ini mencapai 1.116 orang. (Roy)

BERITA REKOMENDASI