Menjaring Wisatawan Ditengah Kondisi Sunyi

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Separuh dari 80 rumah makan di kawasan Pantai Depok Kalurahan Parangtritis Kretek Bantul tetap buka selama Bulan Ramadan. Mereka akan memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan dan juga masyarakat yang ingin menggelar buka bersama. Seperti tahun sebelumnya, setiap memasuki Bulan Ramadan kuliner Pantai Depok selalu jadi primadona masyarakat untuk menggelar kegiatan buka bersama partai kecil dan besar.

“Dari 80 rumah makan di Pantai Depok separuhnya buka seperti biasa melayani wisatawan maupun masyarakat yang ingin menggelar buka bersama sambil menikmati keindahan pesona Pantai Depok di sore hari,” ujar Ketua Koperasi Wisata Mina Bahari 45, Pantai Depok Kalurahan Parangtritis Kretek Bantul, Sutarlan, Jumat (16/04/2021).

Sutarlan optimis Bulan Ramadan akan banyak wisatawan maupun masyarakat berkunjung ke Pantai Depok menggelar buka bersama. Hal tersebut melihat pengalaman sebelum pandemi Covid -19. Setiap sore, masyarakat berjubel di Pantai untuk menyambut datangnya buka puasa. Oleh karena itu, pihaknya punya komitmen memberikan pelayanan terbaik bagi wisatawan serta menjaga kualitas serta harga yang ‘ramah’ bagi kantong masyarakat.

Pemilik rumah makan seafood Salsabila II di Pantai Depok, Dardi Nugroho mengatakan, Ramadan memang bulan ‘sulit’ yang harus dilalui bagi pelaku usaha rumah makan. Pendapatan anjlok karena wisatawan turun drastis. Sejauh ini mereka bertumpu wisatawan yang ingin santap kuliner seafood. “Sebelum pandemi, ketika masuk Ramadan pengunjung sepi, apalagi saat pandemi pasti lebih sepi,” ujarnya.

Tidak hanya rumah makan miliknya, hampir seluruh rumah makan seafood di Pantai Depok tentang manghadapi keadaan sulit. “Awal Bulan Ramadan seperti ini, acara berbuka bersama hampir tidak ada. Ketika masuk pekan ketiga Ramadan mulai banyak pesanan buka bersama,” ujarnya. (Roy)

BERITA REKOMENDASI