Menteri KKP Canangkan Bulan Cinta Laut di Pantai Parang Kusumo

BANTUL, KRJOGJA.com – Menteri Kelautan dan Perikanan Ir. Sakti Wahyu Trenggono, MM mencanangkan Bulan Cinta Laut pada 28 Januari 2022 di Pantai Parang Kusumo, Parangtritis Yogyakarta. Pencanangan ini menjadi satu rangkaian dengan GBPL (Gerakan Bersih Pantai dan Laut) disepanjang Pantai Parang Kusumo. Dalam kegiatan ini hadir pula Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih disertai 500 peserta dari Dunia Usaha, Lembaga Pendanaan, Pegiat Lingkungan, Pelajar, Lembaga swadaya Masyarakat juga karang taruna dan masyarakat sekitar.

Kegiatan Gerakan Bersih Pantai dan Laut (GBPL) ini merupakan upaya untuk mencapai target pengurangan sampah laut sebagaimana diamanatkan oleh Peraturan Presiden Nomor 83 Tahun 2018 serta sebagai sarana dalam kampanye dan mengedukasi kesadaran masyarakat pesisir akan lingkungan yang bersih. Aktifitas ini berada dalam naungan Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut, Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Menteri Kelautan dan Perikanan Ir. Sakti Wahyu Trenggono, M.M menjelaskan bahwa Laut harus menjadi halaman depan supaya terjaga bersihnya. “Sampah menjadi tanggung jawab bersama, saya mengapresiasi partisipasi dari Dunia Usaha, Lembaga pendanaan, Lembaga Swadaya Masyarakat dan generasi muda. Kolaborasi seperti ini harus terus dikembangkan,” tegas Menteri.

“Dengan mencanangkan Bulan Cinta Laut ini saya harapkan Laut akan sehat, masyarakat sejahtera dan pantai menjadi estetis,” ungkap Menteri KKP menambahkan.

BERITA REKOMENDASI