Menuju Bantul Bersih Sampah 2020, Pemda Gandeng TNI dan Polri

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRJOGJA.com – Sejumlah langkah diambil pemerintah daerah agar target Bantul bersih sampah tahun 2020 tercapai. Salah satunya dengan melaunching Tim Percepatan Menuju Bantul Bersih Sampah 2020 dan Pembangunan Lingkungan Hidup.

Kegiatan yang melibatkan bhabinkamtibmas dan Babinsa se-Kabupaten Bantul tersebut dipusatkan di Pendapa Parasamnya 2 Kompleks Perkantoran Manding, Selasa (11/2). Dalam acara itu juga dihadiri Bupati Bantul Drs H Suharsono, Wakil Bupati Bantul, H Abdul Halim Muslih, Sekda Bantul, Helmi Jamharis, Dandim 0729/Bantul Letkol Kav Didi Carsidi S.Sos, Kapolres Bantul, AKBP Wahyu Tri Budi Sulistiyono SIK.

Bupati Bantul, Drs H Suharsono mengatakan, dengan peningkatan volume sampah di masyarakat harusnya dikelola secara sistematis, menyeluruh dan berkesinambungan. Tentunya melibatkan berbagai pihak dan seluruh lapisan masyarakat. Masalah sampah adalah masalah yang sangat kompleks, untuk itu penanganannya harus ditangani secara komprehensif. Melibatkan semua unsur baik dari masyarakat, swasta, organisasi sosial lembaga swadaya masyarakat dan stakeholder.

“Termasuk dari TNI dan Polri, atas nama pemerintah Kabupaten Bantul kami bersyukur dan menyambut baik dengan melibatkan unsur TNI dan polri khususnya Babinsa dan bhabinkamtibmas,” ujarnya. Dalam acara itu juga dilakukan penandatanganan MoU antara Pemda Bantul, TNI dan Polri.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bantul Ari Budi Nugroho ST MSc mengatakan, kegiatan ini pada intinya dalam rangka untuk percepatan untuk mencapai visi misi bupati yakni mewujudkan masyarakat yang sehat cerdas dan sejahtera. Salah satu langkahnya dengan pengelolaan sampah dan pembangunan lingkungan hidup. Hal tersebut untuk mendukung visi itu pertama. Sementara peran anggota babinsa dan bhabinkamtibmas dalam rangka menuju Bantul bersih sampah 2020 dan pembangunan lingkungan hidup sangat diperlukan. Karena rentang kendali yang harus ditangani pemerintah daerah untuk satu Bantul dengan jumlah sumber daya terbatas tidak akan mampu.

“Dengan melibatkan Babinsa dan Bhabinkamtibmas dengan jangkauan sampai level desa tentu itu sangat membantu,” ujar Ari. Sinergitas Pemda Bantul dan TNI /Polri untuk mempercepat program bersih sampah tahun 2020. (Roy)

Bupati Suharsono menandatangani MoU dengan TNI /Polri. Foto: Sukro Riyadi

BERITA REKOMENDASI