Meriah, Kirab Budaya HKSN di Plumbon

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRJogja.com – Seribuan peserta dari berbagai kelompok masyarakat dan komunitas motor penyandang cacat/disabilitas dengan mengenakan pakaian tradisional mengikuti Kirab Budaya dalam rangka HKSN (Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional), Jumat (15/12) siang dari pukul 13.00 WIB.

Kirab Budaya digelar warga Plumbon Banguntapan bekerjasama dengan Dinas Sosial DIY, Start dan Finish dari Dinas Sosial DIY, Jalan Janti, Banguntapan. Dibuka dengan doa dan dihadiri tokoh-tokoh agama.
Pemberangkatan dengan mengibarkan bendera start oleh Kepala Dinas Sosial DIY,  Drs Untung Sukaryadi MM. "Ini adalah even rutin tahunan yang sudah 5 kali dilaksanakan sebagai perwujudan kearifan lokal, perekat kebhinekaan," papar Untung saat memberi sambutan.

Di barisan depan ada barisan kuda, kereta kuda, dilanjutkan prajurit Jawa berseragam hijau, putri Plumbon Carnival, ibu-ibu dengan busana petani membawa hasil pertanian, anak anak dan lainnya dari berbagai komunitas. "Ada sekitar 33 group kelompok peserta kirab, rangkaian kegiatan ini puncaknya 24 Desember dengan pergelaran wayang, sebelumnya ada kerjabhakti massal, dan lainnya," papar Ketua Panitia, Rusdianto kepada KR di sela acara.

Juga diagendakan, Sabtu (16/12) ada pengobatan massal dari rotary sekaligus pemberian paket sembako. (M-3)

BERITA REKOMENDASI