Meski Tak Mudah, Berantas Politik Uang Dari Akarnya

BANTUL, KRJOGJA.com – Upaya menggerus praktik politik uang dalam perhelatan demokrasi tidak pernah surut dilakukan. Sinergitas semua stakeholder mutlak dibutuhkan agar tradisi politik uang berlahan terkurangi. Sehingga tercipta sebuah pemerintahan bersih bebas praktek korupsi.

“Kedepannya kami ingin pemilihan langsung, baik legislatif, Pilkada, Pilpres dan bahkan Pilurdes bebas dari politik uang. Itu yang ingin saya sampaikan agar negara bebas dari korupsi,” ujar Ketua Panitia sarasehan Sidomulyo Cerdas Memilih dan Peluncuran Gerakan Melek Politik (GMP) Kabupaten Bantul, Muji Kusnanto, Senin (13/12/2021).

Peluncuran tersebut digelar di Kalurahan Sidomulyo Kapanewon Bambanglipuro dengan didukung Pemerintah Kalurahan Sidomulyo, Bawaslu Kabupaten Bantul. Dalam peluncuran tersebut juga menghadirkan narasumber Ketua Bawaslu Kabupaten Bantul, Harlina SH, Sabtu pekan lalu.

Muji Kusnanto optimis, jika praktek politik uang bisa diredam. Negeri Indonesia bisa terlepas dari kubungan korupsi kolusi dan nepotisme. Muji melihat dalam berbagai penyelenggaraan pemilu pasti ada ‘amplop’, sembako dan lainnya yang tujuannya untuk menggaet pemilih.

“Hampir 50% pemilih menurut saya mereka telah menjadi korban dari kentalnya praktek politik uang,” jelasnya. Oleh karena itu, program ini sebagai upaya membekali pimilih khususnya kaum disabilitas.

Muji tidak menampik, terjadinya praktek politik uang dalam setiap penyelenggaraan pesta demokrasi sangat membahayakan. “Memang tradisi yang namanya money politik mulai pemilihan lurah, Bupati Pilkada cukup berbahaya,” jelasnya. Melihat begitu kronisnya budaya praktik politik uang di masyarakat GMP Kabupaten Bantul terus berusaha memerangi.

GMP Bantul bakal memberikan edukasi bahaya politik uang dari lingkungan keluarga. Termasuk nantinya bakal terjun ke masyarakat. Artinya gerakan anti politik uang agar semakin membesar. Menurut Muji gerakan bebas politik uang bisa dimulai dari diri sendiri dan keluarga, masyarakat hingga komunitas.(Roy)

BERITA REKOMENDASI