Minat Baca Rendah, Indonesia Kena Buli

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Musyawarah Daerah (Musda) Pengurus Daerah Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (PD GPMB) DIY dengan suara bulat memilih Nuradi Indrawijaya SPd sebagai Ketua PD GPMB DIY masa bhakti 2021 – 2025. Musda mengambil tempat di Grha Tama Pustaka Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY, Jalan Janti Banguntapan Bantul, Rabu (29/12/2021).

Nuradi merupakan calon tunggal menggantikan Bambang Nursinggih SSn ketua masa bakti 2017-2021. Dalam musda yang berlangsung lancar dan singkat itu, hadir Ketua Pengurus Pusat GPMB Dr Tjahyo Suprayoga MM.

Ketua PP GPMB itu menyatakan di dunia internasional Indonesia sering kena buli sebagai negara yang tingkat minat baca penduduknya rendah. Ini menjadi tantangan bagi GPMB untuk menghapus anggapan itu.

“GPMB kita jadikan badan perjuangan meningkatkan minat baca. Kita hapus anggapan minat baca kita rendah. Pengurus GPMB yang berpendidikan tinggi, harus bergerak jangan hanya menempelkan nama,” kata Tjahyo.

Menurutnya GPMB perlu bersinergi dengan pihak lain. GPMB adalah kendaraan besar untuk meningkatkan budaya literasi di Indonesia.

Sementara Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan Muhamad Rosyid Budiman membacakan sambutan tertulis Kepala DPAD DIY Dra Monika MM, yang menyebutkan, masa pandemi memang mempengaruhi gerak GPMB DIY. Tetapi bukan berarti tidak berbuat sesuatu.

Komunikasi tetap berjalan melalui media sosial. Harapannya, GPMB bisa menggandeng pihak lain untuk lebih meningkatkan minat baca di masyarakat.

Ketua terpilih Nuradi Indrawijaya nenyatakan akan segera menyusun pengurus baru. Programnya menjalin kerjasama dengan pihak lain. Mengupayakan bertumbuhnya perpustakaan di masyarakat, dan berharap setiap pengurus GPMB mempunyai perpustakaan keluarga. Sebagai Ketua Panitia Musda, Nuradi menyebutkan, selain dihadiri PD GPMB DIY, juga wakil PD GPMB Kabupaten dan Kota di DIY. (War)

BERITA REKOMENDASI