Misa Paskah di HKTY Ganjuran : Berikan Cahaya Terang Bagi Manusia

BANTUL, KRJOGJA.com – Prosesi Misa Paskah di Gereja Paroki Hati Kudus Tuhan Yesus (HKTY) Ganjuran, Kabupaten Bantul diikuti tatusan anak-anak dan para orang tuanya Minggu (21/4). Kemeriahan Misa Paskah dapat dilihat dari petugas koor yang semuanya anak-anak. 

Termasuk lektor pembaca kitab juga dilakukan anak-anak.  Misa Paskah untuk makin semarak saat ketika Romo Eko Pr yang memimpin Misa Paskah memberikan hadiah berupa gantungan kunci bersinar terang. Misa Paskah diawali dengan doa pembukaan dilanjutkan memerciki umat dengan air suci yang diberkati imam sebagai tanda umat telah berjanji untuk percaya kepada Tuhan Yesus Kristus. Hal itu setelah mereka mengucapkan janji baptis yang telah dilakukan saat Misa Malam Paskah Sabtu (20/4) malam sebelumnya. 

BACA JUGA :

Paskah di Gunungkidul, Ajak Umat Bersatu dan Rajut Persaudaraan

Meriahkan Hari Paskah, Banyak Kelinci di JCM

Romo Eko Pr dalam homili singkatnya, mengungkapkan alasan dirinya memberikan hadiah kepada anak-anak. Hal itu tidak lepas dengan adanya cahaya terang  yaitu Tuhan Yesus yang sudah bangkit untuk menebus dosa manusia. "Gantungan kunci dengan lampu terang ini mengibaratkan  cahaya yang ditunjukkan dengan kebangkitan Tuhan Yesus  yang ingin memberi cahaya terang bagi umat manusia. Oleh karena itu kita diingatkan cahaya terang itu yang tidak lain adalah Tuhan Yesus," ujar Romo Eko. 

Sebelum Misa Paskah diakhiri, Imam mengajak anak bernyanyi bersama di depan altar‎. Sebelum menutup Misa Paskah, anak-Anak Romo Eko Pr mengajak semua untuk berdiri didepan altar dan bernyanyi bersama sebelum memberikan berkah penutup Misa Paskah Anak-anak. (Roy)

BERITA REKOMENDASI