Misterius, Burung Kuntul di Hutan Mangrove Mati

KRETEK, KRJOGJA.com – Masyarakat Dusun Baros Kalurahan Tirtohargo Kapanewon Kretek Bantul dikejutkan dengan matinya burung kuntul. Dalam sepekan terakhir puluhan burung kuntul di kawasan Hutan Mangrove Baros meregang nyawa dengan sebab belum diketahui. Sedangkan Keluarga Pemuda /Pemudi Baros (KP2B) Kalurahan Tirtohargo dengan segala daya dan upaya berusaha menyelamatkan burung kuntul dengan cara diambil dari alam terbuka.

“Dalam sepekan terakhir ini memang ada puluhan ekor burung kuntul mati. Peristiwa ini yang pertama dalam sejarah kawasan hutan mangrove di Baros,” ujar Seksi Konservasi Karangtaruna Unit Keluarga Pemuda /Pemudi Baros (KP2B) Kalurahan Tirtohargo, Wawan Widia Ardi Susanto, Selasa (23/2).

Wawan mengungkapkan, mayoritas burung kuntul tersebut terbang kemudian jatuh ke tanah, selang beberapa waktu kemudian mati. “Burung kuntul muda tersebut terbang kemudian jatuh ke tanah. Mungkin setelah jatuh tidak bisa mendapatkan asupan makan kemudian ditemukan mati. Itu yang terjadi dalam 1 minggu terakhir ini,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI