MTsN 8 Bantul Jalin Kemitraan Dengan Ponpes

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRJogja.com – MTs N 8 Bantul mengembangkan beberapa program unggulan untuk meningkatkan prestasi siswa baik akademik, kemampuan membaca Al Quran hingga pembentukan akhklak. Salah satunya tahun 2021 menjalin kemitraan dengan pondok pesantren. Orientasinya memberikan kesempatan masyarakat mengakses dua pendidikan, yakni pendidikan akademik di sekolah dan pendidikan agama di pesantren.

“Dalam program ini madrasah sudah menjalin kerjasama dengan dua pesantren terdekat, salah satunya Pondok Pesantren (Ponpes) Sanggrahan di Dusun Sanggrahan Kalurahan Muntuk Kapanewon Dlingo Kabupaten Bantul,” ujar Kepala MTsN 8 Bantul, Sugiyono SPd, Kamis (11/2).

Sugiyono mengatakan, sesuai namanya, Ponpes Sanggrahan berada di Dusun Sanggrahan Muntuk, 500 meter dari MTsN 8 Bantul. Dengan jarak cukup dekat dengan sekolah, diharapkan proses pembelajaran berjalan efektif. Pihaknya pasang target siswa lulus, tidak hanya cerdes secara akademik, tetapi juga berakhlak mulai sebagai modal membangun bangsa kedepan.

“Tentunya kami berharap lewat program kemitraan ini, masyarakat umum dan siswa MTsN 8 Bantul bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Artinya sekolah plus nyantri

atau nyantri

plus sekolah,” ujarnya.
Dijelaskan, Ponpes Sanggrahan diasuh empat pengasuh, yakni Lilik Wigiyono, Amirul Mukminin, Ny Ari Ernawati dan Ny Sudaryanti. Mereka kakak beradik, sebelum mendirikan Ponpes sudah mengenyam pendidikan pesantren diantaranya di Ponpes Tremas. Ponpes Sanggrahan berdiri tahun 2019 diperuntukkan bagi santri putra dan putri dengan program khusus tahfidz Al-Qur’an, kitab kuning, fiqih, ilmu tajwid, akhlak, dan lain-lain. (Roy)

BERITA REKOMENDASI