MTsN 9 Bantul Juara I Lomba Madrasah Hebat

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRjogja.com – Hari Amal Bakti (HAB) ke-76 Kementerian Agama Republik Indonesia, Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Bantul menyelenggarakan Lomba Madrasah Hebat. Lomba berlangsung sejak Desember 2021 diikuti seluruh madrasah negeri dan swasta di Kabupaten Bantul.

Keluar sebagai Juara I MTsN 9 Bantul. Penjelasan ini disampaikan oleh Kepala MTsN 9 Bantul Nur Hasanah Rahmawati SAg MM, Selasa (4/1). “Penyerahan penghargaaan sebagai juara pada upacara di halaman Kankemenag Bantul, kemarin Senin (3/1),” kata Nur Hasanah Rahmawati. Penyerahan penghargaan oleh Kepala Kankemenag Kabupaten Bantul, H Aidi Johansyah SAg MM kepada Kepala MTsN 9 Bantul.

Menurut Nur Hasanah Rahmawati, jenjang MTs negeri peserta sembilan madrasah, dan tiga di antaranya lolos portofolio kemudian mengikuti verifikasi 28 Desember 2021 lalu. Masing-masing MTsN 1 Bantul, MTsN 4 Bantul, dan MTsN 9 Bantul. Keluar sebagai juara I MTsN 9 Bantul.

Menurut Nur Hasanah, penilaian berdasar portofolio dan verifikasi pada sembilan aspek, yaitu prestasi, pemberitaan, upaya peningkatan kompetensi ASN, tertib administrasi, arsip, dan pelaporan, inovasi peningkatan kinerja, hasil survei kepuasan masyarakat, pemberlakuan dan penyempurnaan SOP, pemberlakuan reward and punishment, dan pelaksanaan system pengendalian intern pemerintah. Berdasarkan hal itu, MTsN 9 Bantul dinyatakan sebagai Juara I.

Nur Hasanah Rahmawati menambahkan selama tahun 2021 MTsN 9 Bantul menelurkan 59 prestasi, 10 diantaranya prestasi internasional, yaitu dalam bidang riset siswa. Untuk publikasi, kegiatan MTsN 9 Bantul tahun 2021 telah dirilis sejumlah 477 berita, di media cetak dan online.

MTsN 9 Bantul juga mengembangkan 60 inovasi, baik dalam pelayanan publik maupun pelayanan pembelajaran. Untuk peningkatan SDM ratusan sertifikat guru dan pegawai diraih sebagai bukti keikutsertaan dalam diklat, seminar maupun workshop.

“Inilah buah manis yang dirawat oleh MTsN 9 Bantul selama satu tahun terakhir,” kata Nur Hasanah Rahmawati seraya berharap, prestasi ini dapat menjadi langkah awal untuk meraih prestasi berikutnya. (War)

BERITA REKOMENDASI