Museum History of Java Tanamkan Pendidikan Budi Pekerti

BANTUL, KRJOGJA.com- Satu tahun berjalan, Museum History of Java yang berada di kompleks Pyramid Cafe Jalan Parangtritis Km 5,5 Bangunharjo Sewon Bantul terus berupaya menemukan jati diri untuk memberikan edukasi pada masyarakat. 

"Kami komitmen berpikir keras untuk terus mengembangkan museum ini. Harapan kami menginjak tahun kedua, ada perubahan signifikan," tutur Kepala Museum History of Java, Sutikno dalam acara peringatan HUT ke-l Museum History of Java sekaligus 'Jenang Sumsuman' selesainya Lomba Dakon Bupati Bantul Cup 2019, Kamis (5/12) malam. Turut hadir Ketua Barahmus DIY Ki Bambang Widodo, Ketua Forum Komunikasi Museum Bantul Gatot Nugroho. 

Menurut Sutikno, Museum History of Java memiliki konsep historis dan tematik mengacu pada teknologi mutakhir. Kendati masih banyak kelemahan, baik dalam sarana dan prasarana, namun pihaknya akan terus mengembangkan agar masyarakat mendapat edukasi yang lengkap tentang perjalanan sejarah masyarakat Jawa khususnya dan Indonesia pada umumnya. 

"Sebagai museum swasta, kami bukan perusahaan. Melainkan lembaga pendidikan yang butuh daya juang. Museum ini kami harapkan mampu mengembangkan budaya yang memang harus dilestarikan sehingga mempengaruhi manusia berikutnya. Museum ini Juga menghadirkan aliansi nilai kebangsaan serta kejuangan," sambung Sutikno. 

Terkait Lomba Dakon yang turut menandai Satu Tahun Museum History of Java, Sutikno mengatakan hal tersebut sebagai bentuk komitmen pada pendidikan budi pekerti. Sebab menurutnya, ada nilai budi pekerti yang hilang di masyarakat di tengah kemajuan teknologi yang tidak terkendali.

"Dakon itu punya niiai filosofis tinggi dan terdalam bagi manusia. Bagaimana sembilan hal menuju satu lubang yang dapat diartikan sembilan lubang pada manusia harus dimanfaatkan sebaiknya menuju satu lubang, yakni kubur. Monumental penanaman budi pekerti ini juga akan kami lanjutkan dengan mengadakan gerakan Sungkeman saat menginjak usia kedua Museum History of Java," ucapnya. (Feb) 

BERITA REKOMENDASI