Muslim Life Fair Digelar di JEC, Satu Opsi Wisata Halal di DIY

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Indonesia Muslim yang merupakan kolaborasi Lima Events berkolaborasi dengan Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) bakal mampir di Yogyakarta, 3-5 Juni 2022 mendatang. 180 perusahaan dan UMKM halal ikut ambil bagian dalam acara yang mengambil tajuk MlakuMlaku ini.

Jogja Expo Center (JEC) di Banguntapan Bantul dengan luas 1.800 m2 akan menjadi tuan rumah venue kegiatan tersebut. Event ini pun akan terasa sangat spesial karena menjadi yang pertama digelar di luar Jakarta.

Direktur PT Lima Events Deddy Andu, mengatakan pemilihan Yogyakarta sebagai lokasi pameran Muslim Life Fair setelah Jakarta adalah langkah yang tepat karena wilayah ini dikenal sebagai kota pelajar memiliki banyak kampus. Banyaknya generasi millenial yang menjadi target market dari event diyakini akan membuat ungkitan ekonomi yang luar biasa bagi UMKM.

“Kami memilih Jogja karena kota ini memiliki potensi UMKM produk halal yang luar biasa. Dengan berbagai destinasi wisata menarik, kami optimis event yang kami kemas dalam campaign #mlakumlaku ini dapat menjadi stimulan bagi pengunjung dari luar daerah untuk datang ke Jogja sehingga dapat meningkatkan ekonomi halal dan pariwisata setempat.” jelas Deddy Andu dalam konferensi pers di JEC, Rabu (18/05/2022).

Di sisi lain, Yogyakarta memiliki potensi UMKM produk halal yang potensial untuk dikembangkan. Berbagai produk UMKM halal mulai dari makanan, minuman, kuliner khas Yogyakarta hingga fashion batik begitu potensial untuk dikembangkan paska terpaan pandemi Covid.

“Di Jakarta (25-27 Maret) kemarin ada 30 ribu pengunjung hadir, dengan perputaran uang mencapai Rp 15-20 Miliar. Kami tidak menarget di Yogya, tapi paling tidak bisa menjadi salah satu opsi wisata halal di Yogyakarta dan juga mengungkit ekonomi UMKM yang ikut serta,” sambungnya.

Muslim Life Fair Yogyakarta akan diikuti oleh 180 ekshibitor, baik dari Yogyakarta maupun beberapa daerah lainnya. Ratusan brand baik lokal maupun nasional akan hadir terdiri dari berbagai kebutuhan produk halal dan islami, mulai dari modest fashion, islamic education, hobbies and communities, islamic book & publisher, halal travel, thibbun nabawi herbal, beauty & pharmaceutical hingga Kuliner Halal Aman & Sehat (KHAS). Ada pula talkshow, bedah buku, temu penulis, Job Fair, storytelling anak, kids corner, dan Kid’s town.

Sementara, Ketua Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI), Rachmat Surtanas Marpaung menambahkan pameran Indonesia Muslim Life Fair Yogyakarta merupakan salah satu upaya mendukung program pemerintah untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat. Saat ini ekonomi Indonesia terus menunjukkan tren positif, terlebih di Yogyakarta yang melaju sebesar 5,53 persen
di atas ekonomi nasional.

“Tingginya animo masyarakat terhadap rangkaian acara Muslim Life Fair Jakarta menginspirasi kami untuk melanjutkan pameran serupa di luar daerah. Dengan diselenggarakannya Muslim Life Fair di Yogyakarta, kami berharap pameran ini dapat menggairahkan pertumbuhan ekonomi di daerah setempat sekaligus mendorong pelaku UMKM produk halal agar dapat berdaya saing global,” imbuh Rachmat. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI