Ngeri..Rumah Wakimin Nyaris ‘Dimakan’ Sungai Oya, Ini Penampakannya..

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL (KRJogja.com) – Intensitas banjir Sungai Oya yang tidak kunjung reda mengakibatkan kerusakan halaman rumah Wakimin di Dusun Wunut Kedungmiri Desa Sriharjo Imogiri Bantul makin parah. Bahkan jalan di depan rumah tersebut sudah hilang tergerus derasnya aliran sungai. Tidak hanya itu teras rumah tersebut juga sudah mulai retak-retak.

Ditemui KR, Selasa (30/1) Wakimin menjelaskan, hilangnya jalan didepan rumahnya terjadi awal pekan ini. Siang itu debit air yang tinggi langsung meruntuhkan sisa tanah dihalaman rumahnya. Padahal harapannya jalan didepan rumah bisa dipertahankan agar bisa dilalui kendaraan sekaligus jadi halamannya. “Setelah halaman sekaligus jalan depan rumah ini hilang, harapan kami untuk tetap tinggal di rumah ini sudah habis, karena teras kami juga sudah mengelami retak,” ujar Wakimin.

Meski kondisi rumahnya sudah tidak layak lantaran atapnya semua dilepas. Namun Wakimin tetap bertahan dengan tinggal di bagian belakang. Lelaki legam itu tidak punya pilihan karena nuraninya tidak enak ketika harus singgah di rumah orang lain meski masih saudaranya.

“Terus terang mas, saya lebih merasa enak dirumah ini, meski dengan tempat seadanya,” ujarnya.

Sementara Camat Imogiri Sigit Subroto mengatakan, pihaknya sebelumnya sudah mengupayakan dengan memasang talud karung berisi pasir. Selain itu dari Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman Kabupaten Bantul juga sudah sanggup menyediakan alat berat untuk normalisasi aliran sungai. Persoalannya langkah-langkah pencegahan tersebut tidak bisa dilakukan pada saat banjir. (Roy)

 

BERITA REKOMENDASI