‘Ngopeni Wong Edan’, Cara Unik Srikandi Bhayangkari Memanusiakan Manusia

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRJOGJA.com – Aksi humanis dan menyentuh ditunjukkan para Srikandi Bhayangkari Brimob Polda DIY terhadap orang dengan keterbelakangan jiwa. Disepanjang jalan, mereka merawat orang gila yang ditemui dengan memberi makan, membersihkan dan mengganti pakaiannya.

Para Bhayangkari itu melakukan aksi terpujinya di sepanjang Jalan Wonosari dan Pasar Pleret, akhir pekan kemarin. Keempat Bhayangkari itu adalah Yayuk Supraba, Pipit Andre, Aisyah Supriyana dan Dwi Heriyanto.
Ditemui di Brimob Gondowulung, Yayuk Supraba yang juga penggagas aksi mengatakan, ada beberapa orang gila yang ditemui saat hunting pekan kemarin. “Kami berikan mereka makanan, minuman dan menggantikan pakaian mereka yang sudah tidak layak. Tentu saja sebelum memberikan makanan, kami cuci tangan mereka terlebih dahulu sesuai protokol kesehatan,” jelasnya, Senin (6/7).

Istri Komandan Bataylon A Pelopor, Kompol Supraba itu mengatakan, butuh keberanian dan mental yang kuat untuk menghadapi orang dengan keterbelakangan jiwa. Apalagi jika yang ditemukan berjenis kelamin lelaki, yang secara fisik lebih kuat dibandingkan wanita. Karena itu saat aksi kemarin, ia dan tiga rekannya meminta bantuan Brimob untuk berjaga-jaga. Bukan tanpa halangan saat para Bhayangkari itu mendekati orang gila. Di antara mereka, ada yang lari ke perkebunan karena takut.

Namun setelah dilakukan pendekatan, mereka mau diberikan pakaian, minuman dan makanan. “Prinsip kami, jika niatnya baik dan tulus pasti akan dimudahkan dan itu terbukti. Berhadapan dengan mereka itu seperti berhadapan dengan anak kecil, jadi kami posisikan diri sebagai ibu,” ucapnya.

BERITA REKOMENDASI