Notoprajan Juara Latber Serama

AYAM serama bernama Notoprajan milik Abimanyu asal DIY berhasil terpilih menjadi juara I saat digelar latihan bersama (latber) serama DIY dan sekitarnya di Pendopo Pasty Jalan Bantul, Minggu (21/8/2016).

Serama ini berhasil mengumpulkan nilai terbanyak di Kelas Laga Bintang Dewasa-A, mampu mengungguli Megatron milik Ganendra. Sedangkan peringkat III ditempati Drago milik Aldi dari Paguyuban ayam Serama Solo Raya (Passora).

Menurut Abimanyu, serama yang dibeli dari salah satu peternak asal Surabaya tersebut sejak anakan sudah mempunyai postur badan yang layak diikutkan lomba. Agar senang membusungkan dada, biasa dijemur dan ditempatkan di kandang bulat. Sebagian kandang dari bagian bawah sampai setinggi ayam ditutup, sehingga ayam terbiasa melihat ke atas ataupun membusungkan dada.  Pakan utama yang diberikan, yaitu beras merah, menir jagung dan sedikit voer.

“Secara berkala saya beri juga buah-buahan terutama pepaya dan tomat, karena bagus untuk pencernaan dan banyak vitaminnya. Sehari juga diberi jangkrik antara lima sampai 10 ekor,” jelasnya saat ditemui di sela-sela lomba.

Panitia latber, Benny J mengungkapkan, merasa senang antusias penggemar serama melagakan ayam-ayamnya masih tinggi. Ada juga penggemar yang sekadar menjadikan klangenan di kompleks tempat tinggal.   Latber ini menurunkan tim juri yang sudah biasa turun dalam lomba serama tingkat nasional dari DIY, yakni Santoso, Teguh dan Heru. (Yan)

BERITA REKOMENDASI