Nuansa Jawa Warnai Perayaan HUT SMPN 1 Dlingo

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Momentum HUT ke-39 SMPN 1 Dlingo Bantul diisi dengan berbagai kegiatan, Senin (19/02/2018). Ulangtahun kali ini konsep perayaan dikemas dengan arak-arakan bernuansa Jawa. Selain menampilkangunungan jodang, semua siswa serentak membawa 39 tumpeng salama dalam kirab tersebut.

Dengan konsep itu sekolah punya target sebagai media pembelajaran terhadap kearifan lokal dan pembentukan karakter siswa. Dalam acara itu juga dihadiri Wakil Bupati Bantul, H Abdul Halim Muslih, Kapolsek Dlingo AKP Cherli Evi Prayudati.

Kepala SMPN 1 Dlingo, Nur Sugiyanto mengatakan dengan berpakaian tradisional setidaknya sarana paling efektif menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bangsa. Penanaman nilai-nilai kebangsaan sejak dini wajib dilakukan sebagai langkah dalam pembentukan karakter siswa.

Pihaknya punya komitmen dengan berbagai kegiatan positif dan pendampingan dari guru. Siswanya mampu berprestasi disegela bidang, karena pelajaran yang diberika juga bermuatan pembentukan karakter.

Waka Kesiswaan SMPN 1 Dlingo, Samirin menambahkan konsep nuansa adat dan budaya mendominasi, hal itu dapat dilihat dari jumlah tumpeng yang dibawa saat itu. Semua tumpeng dibuat sendiri oleh siswa dan guru.

“Tumpeng bukan sekedar makanan khas, tetapi sangat kental dengan nilai filosofi yang juga warisan budaya Jawa yang wajib dilestarikan generasi muda,” katanya.

Kirab mulai selesai kirab, tumpeng dimakan bersama atau kembul bujana seluruh 547 siswa, guru dan karyawan. (Roy)

BERITA REKOMENDASI