Obati Pasien Covid-19, RS PKU Muh Bantul Terapkan Terapi Stem Cell

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRjogja.com – RSU PKU Muhammadiyah Bantul mengalami satu langkah maju dalam penanganan atau penyembuhan pasien Covid-19 dengan klinis berat, yakni melalui terapi “stem cell”.

“Keberhasilan penyembuhan pasien Covid-19 klinis berat di RS PKU Muhammadiyah Bantul ini baru pertama kali dilakukan oleh rumah sakit swasta di DIY, kalau di rumah sakit negeri sudah dilakukan,” ungkap Kepala RSU PKU Muhammadiyah Bantul, dr Wijayanto Danang Wibowo, saat memberi keterangan kepada awak media di Bantul Sabtu (3/4).

Dalam confrensi pers tersebut juga mengundang Nara sumber ,dr Novi Wijayanti Sukirto MSc SpPD, dr Sumardi Sp PD dan dr Ahmad Muttaqin Alim So An yang merupakan tim keperawatan ICU dan manajemen RSU PKU Muhammadiyah Bantul.

Menurut dr Wijayanto, keberhasilan penyembuhan pasien Covid-19 klinis berat ini bisa menjadi acuan untuk diterapkan di rumah sakit, sehingga pasien tertolong dan mempunyai harapan hidup.
Sementara dr Sumardi menambahkan, terapi stem cell adalah pemberian sel yang berasal dari plasenta untuk memperbaiki sel-sel organ tubuh yang rusak, terutama pada paru bagi pasien Covid-19 yang sudah mengalami klinis berat.

“Stem Cell sendiri bisa memperbaiki organ tubuh manusia dimana diberikan. Kalau ke paru ya memperbaiki sel paru yang rusak, kalau ke jantung ya memperbaiki sel jantung,” papar dr Sumardi.

BERITA REKOMENDASI